Cari di blog ini

Cerita singkat legenda hantu mengerikan yang jarang diketahui di Indonesia

loading...

Legenda Hantu di Indonesia

Sebagian masyarakat Indonesia pasti sudah akrab dengan cerita tradisional. Cerita dan mitos seperti sosok kuntilanak, tuyul atau gendoruwo mungkin sudah didengar sebagian masyarakat Indonesia. Namun selain itu ternyata masih banyak mitos dan cerita yang berasal dari daerah lain yang belum kita dengar. Berikut adalah cerita-ceritanya:

Begu Ganjang di Tapanuli utara

Begu Ganjang di Tapanuli utara

Begu Ganjang sering disebut hantu panjang atau roh panjang. Oleh sebagian masyarakat, Begu Ganjang digambarkan sebagai sosok yang bertubuh tinggi, yang jika dilihat makin dekat maka makin tinggi dan konon dapat mencekik orang yang dapat melihatnya. Namun sebagian lagi percaya bahwa Begu Ganjang adalah sosok yang berambut panjang dan suka berdiam diri dipucuk-pucuk pohon yang tinggi. Begu Ganjang juga disebut-sebut sebagai sosok yang dipelihara seseorang untuk melaksanakan tujuan khusus dengan memberikan tumbal.

Batitong di Tanah Toraja.

Konon Batitong merupakan roh jahat yang berasal dari seorang perempuan yang meninggal saat bersalin dan menggunakan manusia untuk mendapatkan sesuatu yang ia inginkan. Menurut cerita sosok ini beraksi siang dan malam dan sering dijumpai ditempat berair seperti sawah, selokan, sungai dan rawa-rawa. Untuk mengusirnya masyarakat percaya dengan menggunakan kayu palang atau kayu pohon jarak, maka sosok tersebut akan hilang. Selain itu cara lain untuk mengusirnya adalah dengan membuat baku pada pintu masuk kampung dimana baku tersebut diisi dengan daun pasake, dan daun tambune yang hanya terdapat di Tanah Toraja

Antu Banyu di Sungai Musi Palembang.

Antu Banyu di Sungai Musi Palembang.

Antu Banyu berarti hantu sungai yang disebut-sebut berada disungai Musi dan muara dua. Sosok ini digambarkan berambut panjang seperti santang atau bulu panjang. Oleh karena itu konon apabila rambut tersebut berada diatas kapal atau perahu maka itu menunjukkan Antu Banyu singgah dan kapal bisa-bisa tenggelam. Adapula yang menyebut bahwa Antu Banyu adalah makhluk purba. Konon jika makhluk itu muncul saat kita menyentuh air maka air dipermukaan terasa hangat. 

Suanggi di Papua

Suanggi merupakan kisah mengerikan yang terjadi di tanah Papua dan Maluku. Menurut cerita, Suanggi dikenal sebagai penyihir atau orang yang memiliki kemampuan ilmu hitam yang sangat tinggi. Adapula yang mengisahkan bahwa suanggi adalah sosok yang sangat menakutkan dengan mata yang merah dan memiliki gigi yang tajam. Sosok ini sangat ditakuti karena korbannya dapat menderita penyakit aneh hingga berujung pada kematian. Ketika sosok tersebut mengincar korbannya, dia akan terbang menggunakan pelepah daun dan menyelinap masuk ke rumah korbannya. Suanggi juga diketahui bisa berubah wujud jadi binatang apa saja seperti cicak sehingga mudah masuk kerumah korbannya. 

Lada di Goa Belanda dan Goa Jepang, Bandung.

Goa Belanda di Bandung

Dalam bahasa sunda, Lada artinya pedas. Konon masyarakat percaya bahwa siapa saja yang menyebut lada di goa Belanda dan Jepang akan mengalami berbagai peristiwa menyeramkan. Kabarnya kata Lada itu merupakan salah satu sebutan atau nama salah satu leluhur didaerah tersebut yang sangat dihormati dan disakralkan masyarakat setempat. Konon ada sebuah mitos jika ada orang yang melanggar, maka orang tersebut akan mengalami kesialan dan tak jarang ada yang kerasukan. 

Sosok Kisut di Pacitan

Sosok Kisut di Pacitan

Sosok Kisut digambarkan berwujud sebuah bayangan yang selalu mengikuti. Jika pada umumnya ukuran bayangan sesuai dengan cahaya yang mengenai tubuh, konon hantu kisut memiliki ukuran yang sama dan terus mengikuti gerak gerik orang yang diikuti. Meskipun ada tidaknya cahaya, bayangan akan selalu sama mengikuti karakteristik tinggi tubuh. Konon ada kisah bahwa sosok kisut selalu mengikuti pendatang baru. 

Sosok Kambe di Kalimantan

Sosok Kambe di Kalimantan

Didaerah Kalimantan ada kisah legenda hantu mengerikan yang berwujud setengah kambing dan setengah manusia. Ada yang menyebutkan bahwa Kambe ini berbadan manusia dengan rambut panjang dan memiliki tanduk kambing dan adapula yang menggambarkan Kambe berwujud kambing dengan surah yang panjang. Dikisahkan sosok ini merupakan siluman bertubuh kerdil yang biasanya mengganggu kambing. Kehadirannya biasanya diikuti dengan suara kambing yang ribut yang diyakini kambing telah disusupi sosok Kambe.
Ditulis oleh: Admin Hallo Blog Updated at : 14:06:00