loading...

Bagaimana cara partisi hard disk pada komputer atau laptop?

Partisi Hard Disk

Hard disk merupakan bagian penting pada sebuah komputer. Hard disk lah yang menyimpan seluruh data pada komputer dimulai dari aplikasi hingga file-file kecil lainnya. Hardi disk pada komputer umumnya dibagi-bagi menurut kategorinya yang disebut partisi. Umumnya partisi dikomputer hanya 2 yaitu C dan D. Partisi C biasanya digunakan untuk menyimpan aplikasi-aplikasi yang berjalan pada komputer seperti microsoft word dan lainnya, biasanya dengan nama folder program file. Partisi D digunakan untuk menyimpan file lainnya seperti file word, excel, film dan sebagainya. Sebenarnya penyimpanan ini dapat dilakukan dimana saja.

Pembagian partisi tidak hanya dibagi menjadi 2 saja, bisa juga dibagi menjadi 3 atau 4. Jadi jika 2 partisi pertama C dan D maka selanjutnya E dan F. Lalu bagaimana cara membagi partisi pada komputer?. Bagi anda yang ingin membagi partisi komputer, ikuti langkah-langkah berikut ini:

Nyalakan komputer anda kemudian klik start - klik kanan Computer - Manage sehingga muncul tampilan seperti gambar berikut:

Mengatur komputer untuk partisi hard disk

Klik Disk Management (dibawah Storage) sehingga muncul tampilan seperti gambar berikut:

Shrink volume hard disk yang akan di partisi

Klik kanan pada bagian hard disk yang di partisi lalu klik Shrink Volume sehingga muncul tampilan seperti gambar di bawah:

Mengatur kapasitas hard disk yang di partisi

Silakan atur kapasitas hard disk yang di partisi sesuai keinginan anda lalu klik Shrink. Tunggu hingga prosesnya selesai.

Kini hard disk komputer anda telah di bagi.
loading...
Ditulis oleh: Admin Hallo Blog Updated at : 10:56:00