Bagaimana cara merawat memori card agar tidak cepat rusak?

Merawat memori card

Memori card merupakan hardware yang sudah tidak asing lagi bagi orang yang memiliki handphone. Secara singkat memori card berfungsi sebagai penyimpan data tambahan pada handphone. Kita semua tentu ingin agar memori card yang kita miliki awet dan tahan lama alias tidak cepat rusak. Walaupun kalau rusak bisa diganti dengan yang baru. Paling tidak kita bisa berhemat sedikit, tidak membuang uang hanya untuk membeli memori card.
Agar memori card awet dan tahan lama maka diperlukan perawatan yang benar. Lalu bagaimana cara merawatnya?. Postingan ini akan mengulas beberapa cara merawat memori card. Berikut adalah ulasannya:
Usahakan tidak mengisi memori card penuh. Isi saja sekitar 80 % dari kapasitas memori card dan 20% biarkan kosong. Jika memiliki data lebih, sebaiknya sebagian ditransfer ke laptop atau tempat penyimpanan data lainnya.
  1. Format memori card secara berkala. Membersihkan data memori card dengan cara memformat dapat menjaga keawetan memori card. Ketika memformat memori card, yang dibersihkan adalah bukan hanya data-data yang tersimpan tetapi hal-hal yang dapat merusak seperti virus. Tapi ingat sebelum memformat sebaiknya isi dari memori card dipindahkan dulu ke Laptop atau tempat penyimpanan data lainnya.
  2. Isi ulang baterai sebelum kritis. Jangan menunggu isi baterai sekarat untuk mengisi ulang. Ketika isi baterai mendekati 10% sebaiknya segera isi ulang.
  3. Hindari memori card terkena air dan diketuk secara kasar karena dapat menyebabkan kerusakan.
  4. Tidak menyentuh lapisan logam kuning memori card. Lapisan logam kuning pada memori card adalah penghubung antara memori dengan handphonenya. Jika lapisan kuning rusak maka bisa dipastikan memori card tidak bisa terhubung ke handphone, salah satu indikatornya adalah memori card tidak terbaca oleh handphone.
  5. Mencabut memori card tidak sesuai prosedur. Prosedur mencabut memori card dari handphone adalah mengeject terlebih dahulu melalui pengaturan handphone atau handphone dalam keadaan mati. Jika kita mencabut memori card tidak sesuai prosedur maka bisa mengakibatkan kerusakan pada memori card.
  6. Meletakkan memori card didekat magnet. Nah, ini juga mesti dihindari karena medan magnet dapat merusak memori card.

Jenis kerusakan yang biasa muncul pada memori card sebagai berikut:
  • Memori card tidak terbaca. Hal ini biasanya diakibatkan oleh pencabutan memori card yang tidak sesuai prosedur semisal mencabut secara paksa atau salah pemasangan.
  • Memori card terkunci. Hal ini biasanya disebabkan oleh virus yang terdapat pada memori card atau handphone.
  • Memori card lambat bekerja. Hal ini biasanya terjadi karena memori card terlalu penuh.
Ditulis oleh: Admin Hallo Blog Updated at : 11:52:00