loading...

Cara menggunakan VLOOKUP Microsoft Excel pada 2 worksheet yang berbeda

Formula VLOOKUP Microsoft Excel

Formula VLOOKUP digunakan untuk menampilkan data dengan tanda tertentu pada microsoft excel. Tanda tersebut bisa berupa angka atau huruf tertentu. Penggunaan formula VLOOKUP dapat diterapkan pada satu worksheet atau 2 worksheet yang berbeda. Jika formula VLOOKUP diterapkan pada satu worksheet, maka penulisan formulanya sebagai berikut:

=VLOOKUP(cell target;rentang tabel;nomor kolom;false), Contohnya perhatikan gambar dibawah ini:


Jika pada Cell A8 anda tulis: 
  • =VLOOKUP(E8;A1:C6;3;FALSE) maka ketika anda menulis angka 1 pada cell E8 maka A8 menjadi 1.000. Jika anda mengisi E8 dengan angka 4 maka A8 berisi 500, dan seterusnya.
  • =VLOOKUP(E8;A1:C6;2;FALSE) maka ketika anda menulis angka 1 maka cell E8 mengisi Pensil, jika anda mengetik angka 2 maka A8 mengisi Spidol, dan seterusnya.

Sekarang, bagaimana menerapkan Formula VLOOKUP pada worksheet yang berbeda. Contohnya perhatikan gambar dibawah ini:


Data seperti gambar diatas berada pada Sheet 1, kemudian kita menerapkan formula VLOOKUP di Sheet 2, caranya adalah buka Sheet2, Pilih satu cell untuk menampilkan data VLOOKUP lalu Tuliskan formula VLOOKUP dengan rumus umum: =VLOOKUP(Cell target;'Nama Sheet';Rentang tabel;Nomor kolom;FALSE). 
Misalkan rumus VLOOKUP ditulis pada Cell A1 dengan cell target C1 maka penulisan Formula VLOOKUP:
  • =VLOOKUP(C1;'Sheet1';A1:C6;2;FALSE) maka jika anda ketik angka 1 pada C1, A1 menunjukkan Pensil, jika anda ketik angka 3 pada C1 maka A1 = Buku dan seterusnya.
  • =VLOOKUP(C1;'Sheet1';A1:C6;3;FALSE) maka jika anda ketik angka 1 pada C1, A1 menunjukkan 1.000, jika anda ketik angka 3 pada C1 maka A1 = 2.500 dan seterusnya.

Itulah cara menggunakan formula VLOOKUP microsoft excel untuk 2 sheet yang berbeda. Selebihnya bisa anda kembangkan sendiri.
loading...
Ditulis oleh: Admin Hallo Blog Updated at : 15:05:00