Bagaimana cara mengatasi aplikasi android yang terinstal sendiri?

Jika anda memiliki hp android dan terhubung dengan internet, maka anda perlu hati-hati karena aplikasi pada android dapat terinstal sendiri. Hal ini tentu sangat merugikan karena selain beresiko terkena virus, aplikasi yang terinstal sendiri akan menyedot kuota internet yang tidak sedikit. Jika kuota internet tersedot, sama saja dengan menyedot isi dompet kita. Tentu kita semua tidak ingin hal ini terjadi. Lalu bagaimana cara mengatasi aplikasi android yang terinstal sendiri?. Berikut adalah penjelasannya.

Umumnya, aplikasi terinstal sendiri disebabkan oleh adanya virus tertentu yang berada didalam android. Virus ini muncul tanda disadari ketika anda browsingan menggunakan internet. Jadi, jika anda berinternet maka berhati-hatilah terhadap serangan virus. Serangan virus ini sebenarnya tidak hanya terjadi pada HP melainkan pada komputer juga. Jadi, salah satu cara mengatasi aplikasi terinstal sendiri adalah anda menginstal anti virus yang benar-benar terpercaya dapat menangkal berbagai virus yang masuk. Anti virus terpercaya yang saya ketahui adalah AVG, ESET, AVAST, Dr WEB dan lainnya.Setelah anti virus anda instal, maka langkah selanjutnya adalah melakukan scanning pada android.

Cara selanjutnya adalah melakukan uninstal aplikasi yang anda anggap tidak pernah menginstalnya. Perhatikan seluruh aplikasi yang berada di android anda. Jika anda menemukan aplikasi yang menurut anda tidak pernah menginstalnya maka segera uninstal aplikasi tersebut karena bisa jadi aplikasi itu berisi kumpulan virus yang berbahaya. Cara uninstall sebagai berikut: Pengaturan - Apl - Copot pemasangan.  

Cara lain mengatasi aplikasi android terinstal sendiri adalah menggunakan safe mode dengan langkah sebagai berikut:
  1. Restart HP lalu masuk ke Safe Mode lalu cari aplikasi yang harus dihentikan. Perhatikan saja jika ada aplikasi yang anda rasa tidak pernah menginstalnya. Jika ketemu maka lakukan Turn Off, maka aplikasi tersebut tidak lagi berjalan.
  2. Restart lagi HP anda kemudian perhatikan aplikasi tersebut masih berjalan atau tidak.

Dalam beberapa kasus, kedua cara diatas tidak cukup mengatasi aplikasi terinstall sendiri. Maka tindakan yang dapat anda lakukan adalah Flash ulang android dengan ROM bawaan yang didownload dari halaman resmi pembuat atau menggunakan Custom ROM. Untuk mengetahui alamat url resmi, ada bisa memanfaatkan mesin pencarian google dengan memasukkan kata kunci Custom ROM untuk merk dan tipe hp anda. Cara flashpun berbeda-beda tergantung merk dan tipe hp yang anda miliki. Jadi anda mesti mencari informasi tentang cara flash ROM yang sesuai dengan tipe HP yang anda gunakan.
Ditulis oleh: Admin Hallo Blog Updated at : 17:08:00