Bagaimana cara menentukan kartu VGA berkualitas baik?

VGA (Video Graphics Array)

VGA atau dalam bahasa Inggris-nya Video Graphics Array berfungsi sebagai penerjemah keluaran komputer ke monitor. Bagi anda yang senang bermain game dikomputer, memiliki VGA yang bagus adalah sebuah keharusan karena VGA adalah salah satu penunjang kualitas game itu. Jika game yang dimainkan ringan mungkin tidak masalah menggunakan VGA biasa. Namun jika game yang dimainkan game besar seperti game-game saat ini, kalau menggunakan VGA yang kurang bagus maka hasilnya kurang memuaskan atau mungkin komputer tidak bisa memainkan sama sekali. Lalu bagaimana cara memilih kartu VGA yang berkualitas baik?. Berikut adalah ulasannya:

1. Memori VGA minimal 128 bit

Saat ini memori VGA yang ada dipasaran memiliki memori 64 Bit, 128 Bit, 256 Bit dan 512 Bit. Yang pasti semakin besar Bit-nya maka bisa dipastikan makin bagus VGA tersebut. Jadi jika anda akan membeli kartu VGA pilihlah VGA dengan memori minimal 128 Bit walaupun dengan membayar sedikit lebih mahal. 

2. VGA dengan produk GPU terbaru

Selain memori, faktor lain yang menentukan kualitas baik dari VGA adalah GPU. Yang pasti, semakin kuat GPU maka semakin cepat pengolahan datanya. GPU singkatan dari Graphics Processing Unit yang sebenarnya sebuah processor. Saat ini ada 2 produsen GPU yang terkenal yaitu NVidia dan AMD Radeon. Keduanya memiliki kekurangan dan kelebihan. Namun yang pasti untuk menentukan kualitas baik dari VGA, pastikan GPU merupakan produk terbaru. Jadi anda mesti cari-cari informasi tentang produk GPU.

3. Gunakan Merk produk VGA yang terpercaya

Hal lain cara menentukan kartu VGA berkualitas baik adalah berdasarkan merknya. Merk yang sudah terpercaya bisa dipastikan memiliki kualitas baik sedangkan merk yang belum terpercaya maka kualitasnya mungkin baik atau mungkin jelek. Saat ini merk VGA yang terpercaya adalah ASUS, EVGA, HIS, Point of view dan Digital Alliance. Selain merk, jangka waktu garansi juga bisa menjadi pertimbangan dalam membeli VGA. Produk yang memberi garansi cukup lama biasanya memiliki kualitas yang baik. Jadi ketika anda membeli VGA pastikan merk dan garansinya menjanjikan.

Itulah tiga cara menentuka kartu VGA berkualitas baik. Hal lain yang mesti diperhatikan ketika akan membeli kartu VGA adalah isi dompet. Jika isi dompet anda pas-pasan, beli VGA yang sesuai kebutuhan atau anda tahan dulu lalu kumpulkan uang hingga cukup untuk membeli VGA yang berkualitas sangat bagus.
Ditulis oleh: Admin Hallo Blog Updated at : 07:59:00