Bagaimana cara memperbaiki cartridge printer yang tidak bisa mencetak?

Cara memperbaiki Cartrigde printer yang rusak

Cartridge merupakan bagian penting dari sebuah printer. Cartridge berfungsi menyimpan tinta dan mencetak tulisan atau gambar pada printer. Jadi bisa dibayangkan jika cartridge itu rusak, maka kita tidak bisa mencetak dokumen  pada printer. Printernya mungkin masih berfungsi namun tidak bisa mencetak. Umumnya kerusakan pada cartridge berupa kering karena lama tidak dipakai. Jenis kerusakan yang lain adalah hasil cetakan terlihat buram yang biasanya terjadi ketika tinta baru diisi. Kerusakan lain yang sering terjadi adalah bocornya tinta sehingga keluar atau menetes. Tinta yang meneter biasanya terjadi karena pengisian tinta yang terlalu penuh. Jadi mengatasi masalah kebocoran tinta cukup mudah yaitu dengan mengelap dan langsung menggunakannya sebanyak mungkin sehingga isi tinta berkurang. Lalu bagaiman jika kerusakan itu karena kekeringan atau tidak bisa mencetak sama sekali. Berikut adalah solusinya:
  1. Lepas Cartrigde dari printer lalu rendam cartrigde itu dengan air hangat dengan suhu sekitar 70 derajat celcius. Yang direndam cukup bagian bawahnya saja atau kira-kira sedalam 0,5 cm.
  2. Lakukan perendaman ini sekitar 15 menit.
  3. Angkat lalu lap dengan tisu atau kain yang bersih hingga kering.
  4. Pasang kembali ke printer lalu coba untuk mencetak.
Jika masih gagal, coba ulangi perendaman dengan air hangat hingga bisa bekerja. Namun jika tetap masih gagal maka sangat mungkin Cartrigde ini rusak sama sekali. Kalau sudah begitu, ya tidak ada pilihan selain membeli Cartrigde yang baru.

Kerusakan lain yang sering terjadi pada Cartrigde adalah buramnya hasil cetakan. Hal ini biasa terjadi ketika tinta baru diisi. Cara mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan maintenance yaitu melalui bagian Deep Cleaning. Lakukan Deep Cleaning berulang-ulang hingga hasil cetakan sempurna.
Ditulis oleh: Admin Hallo Blog Updated at : 20:56:00