loading...

Bagaimana cara memilih hard disk eksternal berkualitas baik?

Hard disk eksternal

Hard disk merupakan salah satu hardware yang berfungsi menyimpan data pada komputer. Hard disk adalah bagian tak terpisahkan dari sebuah komputer atau laptop. Dengan hard disk seluruh jenis data berupa file dapat tersimpan seperti musik, video, dokumen word, dan lainnya. Setiap hard disk memiliki kapasitas tertentu tergantung jenisnya. 

Pada saat ini, ada 2 macam hard disk yang bisa anda gunakan yaitu hard disk internal dan eksternal. Hard disk internal merupakan hard disk yang sudah terpasang dalam satu komputer sedangkan hard disk eksternal adalah hard disk diluar komponen komputer atau laptop. Untuk menghubungkan hard disk eksternal ke komputer dengan menggunakan kabel USB, mirip seperti menghubungkan Flash disk.

Hard disk eksternal dibutuhkan biasanya karena hard disk internal sudah penuh sehingga diperlukan tempat penyimpanan tambahan. Selain itu hard disk eksternal juga dibutuhkan sebagai tempat penyimpanan tambahan atau cadangan. Hard disk ekternal bisa dibawa kemanapun yang anda suka dan dapat dibuka dengan laptop/komputer lainnya. Ini berbeda dengan hard internal yang sulit dibawa kecuali beserta komputernya. Lalu bagaimana cara memilih hard disk eksternal yang berkualitas baik?. Berikut adalah tip-tips nya:

1. Pilih merk hard disk yang terpercaya

Salah satu ciri hard disk berkualitas baik adalah dilihat dari merk. Jika anda akan membeli hard disk eksternal, pastikan merk hard disk sudah terpercaya berkualitas baik. Contoh merk hard disk eksternal yang terpercaya adalah Western Digital, Samsung, Sony, Buffalo dan Xtreamer. Mungkin harga hard disk merk tersebut lebih mahal dari hard disk yang biasa. Tapi menurut saya lebih baik membayar lebih banyak tapi awet daripada murah tapi cepat rusak.

2. Kecepatan rotasi piringan hard disk besar

Kecepatan rotasi hard disk sangat mempengaruhi kecepatan membaca datanya. Hard disk yang memiliki kecepatan rotasi 7200 rpm akan menampilkan performa yang lebih baik daripada hard disk dengan kecepatan ratasi 5400 rpm. Saat ini beberapa hard disk memiliki kecepatan rotasi 10.000 rpm, ini pasti jauh lebih baik lagi.

3. Memiliki konektivitas baik

Konektivitas pada hard disk akan mempengaruhi kecepatan transfer data. Hard disk yang memiliki konektivitas baik memiliki kecepatan transfer yang besar. Salah satu tanda hard disk eksternal memiliki konektivitas baik adalah mendukung USB 3.0 yang memiliki kecepatan transfer 10 lebih besar daripada USB 2.0. Selain itu hard disk eksternal yang mendukung koneksi via port Thunderbolt lebih baik lagi daripada USB 3.0. Namun hard disk dengan dukungan thunderbolt ini cukup mahal. Jadi lebih baik pikir-pikir dulu untuk membeli hard disk seperti itu.

4. Bentuk dan Casing kokoh

Dalam memilih hard disk perhatikan juga bentuk dan casingnya. Hard disk yang berkualitan bagus memiliki bentuk dan casing yang kokoh, bentuk yang meminimalkan efek benturan keras, tidak licin dipegang tangan dan jika terbuat dari plastik maka plastik yang digunakan bagus.

5. Fitur yang mendukung kebutuhan

Bagian kelima yang mesti diperhatikan ketika memilih hard disk adalah fiturnya. Pastikan hard disk mendukung fitur back up dan password protection, dan juga fitur lainnya sesuai kebutuhan anda.

Itulah beberapa tips untuk memilih hard disk eksternal. Selain tips, saya akan memberi contoh hard disk yang berkualitas baik yaitu sebagai berikut:
  1. Spectra Rapid Store RX - 500 GB - Biru.
  2. Spectra Rapid Store RX - 1 TB - Biru.
  3. Buffalo MiniStation Pocket - 500 GB - Hitam
  4. Silicon Power Diamond D03 - 500 GB - Hitam
  5. Seagate Expansion Portable - 500 GB - Hitam
  6. WD Element - 500 GB - Hitam
  7. Asus AN300 External HDD 500 GB Pink
  8. Seagate STBX 1000301 Expansion Portable Hard Drive - 1 TB - Hitam.
Dan masih banyak lagi.
loading...
Ditulis oleh: Admin Hallo Blog Updated at : 10:01:00