Cara sederhana membuat dan mendesign tabel pada microsoft word

Bagi anda yang ingin membuat tabel pada microsoft word dan masih bingung bagaimana caranya, postingan ini membahas sedikit untuk menjawab kebingungan anda. Berikut adalah langkah-langkah membuat tabel pada microsoft word.

Buka microsoft word anda (2007, 2010, 2013, dan lainnya). Pada dasarnya cara membuat tabel pada word yang berbeda versi intinya sama. Jadi anda tidak masalah menggunakan word versi apa saja.

Klik Insert - tabel seperti gambar dibawah ini:

Insert tabel microsoft word

Anda bisa menggunakan insert tabel yang pertama (yang kotak-kotak) dengan cara langsung memblok banyak kotak sesuai kebutuhan. Anda juga dapat menggunakan cara yang kedua yaitu insert tabel dibawah kotak-kotak, klik insert tabel sehingga muncul tampilan seperti gambar dibawah ini:

Menentukan banyak kolom dan baris untuk tabel microsoft word

Isi Number of columns (banyak kotak ke bawah) dan Number of rows (banyak kotak ke samping) sesuai kebutuhan, lalu klik OK. Salah satu contoh hasilnya adalah sebagai berikut:

Contoh tabel pada microsoft word

Agar tabel lebih menarik, anda perlu design dengan cara klik Design seperti gambar dibawah ini:

Design tabel microsoft word

Pilih salah satu design yang anda sukai dengan cara klik satu kali saja dan salah satu hasilnya adalah sebagai berikut:
Contoh tabel microsoft word yang telah didesign

Langkah selanjutnya adalah anda mengisi kolom-kolom tabel dengan variabel atau data yang anda punya, maka anda telah membuat tabel. Namun biasanya anda perlu mengatur ukuran kolom dan baris, caranya adalah klik Layout sehingga muncul tampilan seperti gambar dibawah ini:

Mengatur ukuran kolom dan baris tabel microsoft word

Pada Cell Size, silakan anda ubah tulisan 0,58 cm (lebar kolom) dan 3,26 cm (lebar baris) sesuai dengan keinginan anda, maka ukuran kolom dan baris telah diubah.

Ditulis oleh: Admin Hallo Blog Updated at : 14:57:00