Cara copy paste data excel ke worksheet lain tanpa mengubah ukuran kolom/baris

Memindahkan data Excel ke worksheet lain

Kadangkala, anda ingin memindahkan atau meng-copy sebuah data Microsoft excel ke worksheet lain. Ketika melakukan paste, yang terjadi adalah perubahan ukuran kolom, memang tulisannya mah terpaste semua. Apalagi jika data itu terdiri dari tabel-tabel, kalau anda melakukan paste biasa maka tabel itu tidak akan terbawa. Kalau seperti ini, tentu anda akan merasa kerepotan, karena anda mesti edit ulangkan?. Lalu bagaimana cara memindahkan data excel ke worksheet lain tanpa mengubah ukuran kolom dan baris?. Berikut adalah petunjuknya.

Blok data excel yang akan anda pindahkan ke worksheet lain lalu klik kanan, pilih Copy seperti gambar dibawah ini:

Cara copy data pada microsoft excel

Setelah itu, anda buka sheet lain yang akan digunakan untuk mempaste data seperti gambar diatas. Jika belum ada, anda buat sheet yang baru dengan cara mengklik ikon Insert WorkSheet seperti gambar dibawah:

Cara membuat worksheet baru pada mikrosoft excel

Setelah worksheet lain terbuka, anda melakukan 2 kali paste agar data dan ukuran kolom baris tidak berubah. Pertama klik kanan pada cell baris dan kolom pertama lalu pilih Paste Specials sehingga muncul tampilan seperti gambar berikut:

Memilih Column width pada paste special microsoft excel

Pilih Column widths lalu klik OK. Maka anda melihat ukuran kolom sama seperti kolom data yang di-copy. Selanjutnya adalah klik kanan lagi pada cell kolom pertama dan baris pertama lalu klik Paste seperti gambar dibawah:

Cara melakukan paste pada microsoft excel

Anda bisa melihat sendiri hasilnya. Begitulah cara memindahkan data excel ke worksheet lain tanpa mengubah ukuran kolom dan baris.
Ditulis oleh: Admin Hallo Blog Updated at : 08:45:00