Bagaimana cara back up data pada laptop atau komputer (OS Windows)?

Back up data komputer

Back up data merupakan salah satu cara agar data yang tersimpan pada komputer tetap aman. Sebab, memiliki komputer biasanya muncul berbagai masalah mulai dari virus, error hingga rusaknya komputer. Hal-hal tersebut sangat memungkinkan hilangnya data komputer. Kalau data pada komputer hilang? bisa gawat, apalagi data tersebut sangat penting semisal skripsi dan lainnya. Salah satu hal yang dapat dilakukan agar data yang kita miliki tetap aman adalah memback up lalu menyimpannya di tempat yang aman seperti DVD, flash disk dan lainnya. Lalu bagaimana cara memback up itu? Berikut adalah ulasannya:

Silakan nyalakan komputer/laptop anda.
Klik start - Control panel - Windows and Security - Back up and Restore seperti gambar dibawah ini:
fitur untuk back up data pada windows

Untuk versi windows yang lain mungkin caranya agak berbeda, namun pasti mirip jadi anda tidak perlu khawatir. Setelah itu pilih Back Up your komputer - Set up Back up sehingga muncul tampilan seperti gambar berikut:
Memilih lokasi penyimpanan data back up

Pilih lokasi penyimpanan data back up misalnya New Volume (D) lalu klik Save on network sehingga muncul tampilan seperti gambar dibawah ini:

Setting untuk back up pada komputer


Pada bagian ini, anda dapat mengatur jadwal back up. Caranya cukup klik Change Schedule lalu pilih jadwal back up, bisa sehari sekali, seminggu sekali dan sebulan sekali. Kemudian klik Save settings and run back up. Tunggu hingga prosesnya selesai.

Jika proses back up selesai, maka anda bisa menyimpan file back up di tempat penyimpanan yang berbeda semisal DVD atau lainnya.
Ditulis oleh: Admin Hallo Blog Updated at : 09:03:00