Bagaimana cara mengatasi laptop/komputer yang bekerja lambat?

Kinerja Laptop / Komputer lambat

Memiliki komputer untuk saat ini mungkin sebuah kebutuhan. Dengan berbagai alasan tentunya, bisa untuk mengerjakan pekerjaan kantor, perusahaan, tugas sekolah/kuliah atau sekedar untuk bermain game. Sebagian orang mungkin menganggap laptop/komputer sebagai sesuatu yang tidak dapat dipisahkan dalam hidupnya.

Namun memiliki komputer tidak lepas dari masalah. Masalah tetap ada dimana-mana termasuk komputer. Salah satu masalah yang sering muncul adalah lambatnya kinerja laptop atau komputer. Hal ini tentu sangat menjengkelkan apalagi kita dibebani tugas yang mesti segera diselesaikan. Lalu bagaimana cara mengatasi kinerja laptop / komputer yang lambat?. Dibawah ini beberapa cara untuk mengatasinya:

Uninstall aplikasi yang tidak penting.

Aplikasi yang tidak penting atau tidak pernah digunakan sebaiknya dihapus saja karena dapat memperlambat kinerja komputer. Alasannya cukup mudah yaitu karena mengambil sebagian memori komputer. Cara memeriksa aplikasi yang terinstall pada komputer cukup mudah yaitu menggunakan kontrol panel dengan langkah Start - Control Panel - Uninstall program. Contoh tampilannya sebagai berikut:
Cara untuk uninstall aplikasi komputer yang tidak penting

Periksa satu per satu, jika menemukan program yang tidak pernah dipakai sebaiknya diuninstall, ingat ya yang tidak pernah dipakai saja alias tidak penting.

Install antivirus

Keberadaan virus didalam komputer selain dapat merusak program-program komputer juga dapat menyebabkan kinerja komputer menjadi lambat. Alasannya adalah virus merupakan sebuah aplikasi yang mengambil memori, parahnya aplikasi ini bekerja sendiri tanpa diperintah. Jadi keberadaan virus dalam komputer mesti dihilangkan. Cara untuk menghilangkan antivirus adalah menggunakan anti virus. Anti virus yang digunakan sebaiknya yang sudah terpercaya seperti AVG, Kaspersky, Avast dan lainnya.

Bersihkan Recycle Bin

File yang tersimpan pada Recycle Bin sebenarnya dapat memberatkan kinerja komputer karena mengambil memori. Jadi sebaiknya Recycle bin dikosongkan saja sehingga kinerja komputer menjadi cepat.

Kurangi program Start Up

Program start up adalah program yang berjalan ketika komputer baru dinyalakan. Program seperti ini cukup memberatkan kinerja komputer jadi mesti dikurangi alias jangan terlalu banyak. 

Bersihkan komputer dari kotoran yang menempel

Kebersihan komputer cukup mempengaruhi kinerja komputer. Komputer yang bersih tentu lebih cepat daripada komputer yang kotor. Kotoran pada komputer bisa berupa debu atau hal lainnya yang menempel. Secara berkala sebaiknya kotoran itu dibersihkan, bisa menggunakan tisu atau lap yang bersih.

Upgrade RAM

Salah satu faktor yang menyebabkan kinerja laptor lambat adalah kurangnya RAM laptop tersebut. Apalagi Laptop anda berisi program-program yang berat, tentu ini akan menyebabkan laptop lambat sekali. Cara mengatasi masalah ini adalah dengan meng-upgrade RAM. Cuma memang untuk meng-upgrade RAM anda mesti mengeluarkan sedikit uang untuk membelinya.

Upgrade Hard drive

Selain RAM, Upgrad drive perlu dilakukan agar kinerja komputer menjadi lebih cepat. Semakin sesak memori penyimpanan oleh banyak file seperti video, gambar, software dan lainnya akan membuat komputer menjadi lambat. Cara mengatasi ini adalah dengan Upgrade hard drive.
Ditulis oleh: Admin Hallo Blog Updated at : 13:51:00