loading...

Mammoth, Trilobit, Archeopteryx dan Dinosaurus adalah nama hewan purbakala

Hewan Purbakala

Hewan-hewan purba

Hewan purbakala atau hewan purba adalah jenis hewan yang hidup dimassa lampau dan keberadaanya telah punah. Jadi, orang zaman sekarang hampir mustahil untuk melihat jenis hewan purbakala kecuali satu dua jenis saja misalnya komodo atau buaya. Melihat hewan purbakala yang masih asli, orang jaman sekarang mungkin hanya bisa melihatnya melalui film saja. Itupun bukan bentuk aslinya melainkan bentuk hewan yang dibuat baik secara langsung maupun melalui teknologi komputer.

Saat ini, orang-orang hanya bisa mencoba menghilangkan rasa penasaran seperti apa hewan-hewan purba itu. Salah satu cara menghilangkannya adalah dengan mengetahui jenis atau nama-nama hewan purbakala. Berikut akan disajikan jenis hewan purbakala.

1. Mammoth

Mammoth merupakah salah satu marga gajah yang ukurannya jauh lebih besar daripada ukuran gajah sekarang. Perbedaan lain dengan gajah sekarang adalah gadingnya yang melingkar membentuk kurva yang mengarah kedalam. Hewan ini diperkirakan hidup sekitar 1,6 juta tahun lalu.

2. Trilobit

Trilobit merupakan jenis artropoda laut yang hidup sekitar 512 juta tahun yang lalu dan musnah sekitar 250 juta tahun yang lalu. Trilobit termasuk jenis hewan yang mudah memfosil sehingga tidak mengherankan jika ditemukan banyak sekali fosi dari trilobit. Tercatat sekitar 17 ribu fosil trilobit diketahui pernah hidup di muka bumi. Trilobit memiliki banyak gaya hidup: beberapa hidup di dasar laut sebagai predator, penjaring makanan, dan beberapa diantaranya berenang mencari plankton untuk dimakan.

3. Archeopteryx

Archeopteryx merupakan jenis burung yang paling awal yang diketahui pernah hidup dibumi ini. Burung ini hidup sekitar 150 juta tahun yang lalu. Burung ini memiliki cakar dan gigi mirip dengan dinosaurus. Burung ini juga memiliki bulu seperti burung jaman sekarang. Banyak ilmuwan percaya bahwa Archeopteryx merupakan dinosaurus pertama yang bisa terbang. Burung sekarang merupakan salah satu keturunan dari Archeopteryx.

4. Dinosaurus

Dinosaurus merupakan kelompok hewan purbakala berjenis vertebrata yang hidup sekitar 230 juta tahun yang lalu. Dinosaurus bisa dikelompokkan menjadi beberapa jenis hewan dari sudut pandang taksonomi, morfologi dan ekologi. Berikut adalah jenis-jenis dinosaurus:

a. Ankylosaurus

Hewan ini memiliki panjang tubuh sekitar 9 meter dan beratnya mencapai 7 ton. Hewan ini memiliki semacam cangkang yang keras yang berfungsi sebagai pelindung ketika diserang oleh hewan predator. Diekornya terdapat bola batu sebera 5 kg yang digunakan untuk menjatuhkan lawan jika ia diserang.

b. Brontosaurus

Brontosaurus merupakan dinosaurus dengan leher yan sangat panjang. Panjang tubuhnya bisa mencapai 26 meter dan beratnya mencapai 32 ton. Selain lehernya yang panjang, ekor dari brontosaurus juga panjang. Ekornya berbentuk cambuk yang berfungsi untuk menyerang lawan jika ia diserang. Habitat dari brontosaurus adalah ditepi danau dan didalam hutan.

c. Stegosaurus

Stegosaurus merupakan jenis dinosaurus herbivora dengan kedua baris sisik saling bersilang dipunggungnya. Selain itu Stegosaurus memiliki dua duri yang panjang di ekornya yang berfungsi sebagai pelindung ketika ia diserang. Stegosaurus memiliki otak yang berukuran cukup kecil yaitu seukuran bola golf sehingga jenis dinosaurus ini tidak terlalu pintar.

d. Dimetrodon

Dimetrodon merupakan reptil mirip mamalia yang hidup sekitar 280 juta tahun yang lalu. Dimetrodon memiliki panjang tubuh mencapai 3 - 3,8 meter. Hewan ini memilik empat kaki dan ekor yang panjang. Cara berjalannya mirip dengan kadal jaman sekarang.

e. Tiranosaurus Rex

Tiranosaurus atau lebih dikenal T-Rex merupakan jenis dinosaurus karnivora yang panjang tubuhnya bisa mencapai 12,5 meter dan beratnya antara 4 sampai 7 ton. T-Rex merupakan jenis hewan darat dengan gigitan terkuat yang pernah ada. T-Rex dapat berlari hingga mencapai kecepatan 40 km/jam, matanya seperti serigala untuk melihat keadaan mangsanya.

f. Plesiosaurus

Plesiosaurus merupakan reptil laut dengan leher yang panjang dengan panjang tubuh mencapai 5 meter dan berat 700 kg. Makanan utama Plesiosaurus adalah ikan dan binatang air lainnya yang bergerak lambat atau tidak terlalu cepat. Plesiosaurus dapat berenang mencapai kecepatan 40 km/jam untuk memburu mangsa atau melarikan diri jika diserang.

g. Pteranodon

Pteranodon merupakan hewan bersayap dengan panjang mencapai 9 meter. Hewan ini diperkirakan hidup antara 90 - 70 juta tahun yang lalu atau zaman kapur akhir.

h. Velociraptor

Velociraptor adalah pemangsa seperti T-Rex yang hidup sekitar 71 - 65 juta tahun yang lalu. Panjang tubuh hewan ini mencapai 2,5 meter dengan berat antara 10 - 20 kg. Velociraptor hidup berkelompok dan terkenal pintar. Strategi menyerangnya adalah dengan mengalihkan perhatian mereka yang kemudian mengepungnya.

i. Megalodon

Megalodon adalah hiu purba yang hidup sekitar 20 - 1,2 juta tahun yang lalu. Megalodon terkenal sebagai raja laut dijaman purba. Panjang tubuh megalodon mencapai 15 - 20 meter dengan berat mencapai 100 ton.

j. Ultrasaurus

Ultrasaurus adalah herbivora dengan panjang tubuh mencapai 30 meter. Ultrasaurus berwarna hijau cerah dan termasuk dinosaurus dengan ukuran terbesar.

k. Quetzalcoatlus

Quetzalcoatlus adalah hewan terbang terbesar dengan lebar sayap mencapai 12 meter. Habitatnya disekitar pantai dan makanannya adalah ikan. Berat Quetzalcoatlus dapat mencapai 90 - 120 kg, namun ada juga penelitian yang menyatakan beratnya mencapai 200 - 250 kg.

l. Triceratops

Triceratops adalah dinosaurus bertanduk tiga dengan panjang tubuh mencapai 9 meter, tinggi 3,8 meter dan berat 6,5 ton. Ketiga tanduknya tajam yang ia gunakan sebagai pelindung jika diserang. Kebanyakan T-Rex ketakutan jika menyerang Triceratops.

m. Compsognathus

Compsognathus merupakan dinosaurus berukuran kecil dan hidup berkelompok. Panjang tubuhnya hanya mencapai 60 cm dan besarnya seukuran ayam. Tercatat, Compsognathus merupakan dinosaurus dengan ukuran paling kecil.

n. Giganotosaurus

Giganotosaurus adalah pemangsa terganas yang ukurannya lebih besar daripada T-Rex. Giganotosaurus memiliki 3 cakar sedangkan T-Rex hanya memiliki 2 cakar. Giganotosaurus memiliki panjang tubuh mencapai 13 meter dan berat mencapai 8 atau 9 ton. Ketika berburu, Giganotosaurus melakukannya bersama-sama untuk menyerang herbivora raksasa.

o. Archelon

Archelon adalah penyu laut purbakala yang hidup sekitar 75 - 65 juta tahun yang lalu. Tidak seperti penyu saat ini yaitu memilik cangkang keras, archelon tidak mempunya cangkang keras. Berat archelon dewasa dapat mencapai 2 ton.

p. Xixianykus

Xixianykus merupakan dinosaurus yang ditemukan di China. Xixianykus merupakan hewan dengan ukuran yang kecil yakni panjang tubuhnya 50 cm dan tinggi 20 cm. Hal ini menjadikannya sebagai dinosaurus terkecil yang pernah ada.

q. Xixiasaurus

Xixiasaurus merupakan dinosaurus berukuran kecil dengan bentuk menyerupai burung. Xixiasaurus ditemukan di China dan hidup sekitar 83 juta tahun yang lalu. 
loading...
Ditulis oleh: Admin Hallo Blog Updated at : 23:03:00