Bagaimana cara menghilangkan rasa bosan dan kejenuhan dalam diri saya?

loading...

Bosan



Rasa bosan dapat menimpa siapa saja, baik pria atau pun wanita. Penyebab munculnya rasa bosan dan jenuh pun bermacam-macam seperti karena melakukan pekerjaan yang itu-itu saja, kurang pergaulan dan lainnya. Namun seseorang yang mengalami gangguan mental seperti stres, depresi dan lainnya akan lebih mudah mengalami rasa bosan dalam hidupnya. Lalu bagaimanakah cara menghilangkan rasa bosan dan kejenuhan dalam hidup ini?. Berikut beberapa tips cara mengatasi kebosanan dan kejenuhan!.

1. Mengaji

Mengaji atau membaca Al-Qur,an sangat afektif dalam menghilangkan rasa bosan dan kejenuhan karena membaca Al-Qur'an dapat memberi ketenangan dalam hati dan menghilangkan pikiran-pikiran yang menimbulkan kejenuhan. Jika anda sedang merasa bosan dan jenuh, cobalah pergi masjid lalu membaca Al-Qur'an beberapa surat, maka anda akan merasakan adanya ketengangan hati dan pikiran sehingga rasa bosan dan jenuh akan sirna.

2. Membaca cerita, berita dan lainnya.

Cara lain mengatasi rasa bosan dan kejenuhan adalah membaca cerita, berita dan lainnya baik itu berupa buku, majalah atau bacaan yang ada di dunia internet. Membaca sesuatu akan mengalihkan pikiran-pikiran yang menimbulkan kebosanan atau kejenuhan. Selain itu membaca juga dapat mengrefresh pikiran sehingga anda akan merasa segar setelah membaca.

3. Berbincang-bincang

Berbincang-bincang dapat menghilangkan rasa bosan dan kejenuhan yang muncul dalam hidup ini karena dengan berbincang pikiran anda akan dialihkan kepada sesuatu yang diperbincangkan. Dengan berbincang anda dapat bercanda, tertawa dan hal lainnya yang menyenangkan yang menghilangkan rasa bosan dan kejenuhan.

4. Menonton film

Menonton filmpun dapat menghilangkan rasa bosan dan kejenuhan sebab dengan menonton film pikiran akan difokuskan pada film yang ditonton, tidak lagi memikirkan hal-hal yang dapat menimbulkan kebosanan. Dengan menonton film anda akan terhibur dengan melihat setiap adegan yang dipertontonkan film itu.

5. Jalan-jalan

Jika anda sedang merasa bosan atau kejenuhan lalu anda memiliki sepeda motor atau mobil, tidak ada salahnya jika anda meluangkan waktu menggunakan kendaraan itu untuk jalan-jalan ke tempat yang anda sukai. Dengan demikian anda akan melupakan sejenak hal-hal yang menimbulkan kebosanan dan kejenuhan. Pikiran anda akan dialihkan pada hal-hal yang dapat dilihat ketika anda jalan-jalan. Terlebih jika jalan-jalan bersama dengan keluarga, teman dan orang lainnya, itu akan lebih efektif dalam menghilangkan rasa bosan.

6. Melakukan kegiatan lainnya yang bermanfaat

Jika anda merasa bosan, cobalah anda mencari-cari sesuatu yang dapat dikerjakan. Misalkan anda didalam rumah, lalu melihat pagar yang rusak, maka tidak ada salahnya anda memperbaiki pagar itu. Dengan melakukan kegiatan, apalagi kegiatan yang baru, akan menimbulkan rasa semangat untuk melakukan pekerjaan lainnya. Hal ini akan sangat baik dalam menghilangkan rasa bosan.

Ditulis oleh: Admin Hallo Blog Updated at : 10:42:00