loading...

Bagaimana cara menghilangkan jerawat diwajah saya?

Jerawat



Sebenarnya, jerawat itu tidak berbahaya. Jerawat hanya mengganggu pemandangan dan sedikit merusak penampilan wajah (gk, gk, gk...). Jerawat merupakan salah satu masalah umum yang dihadapi para remaja baik pria maupun wanita. Jerawat memiliki beberapa jenis, tercatat ada 7 jerawat yang dapat menimpa wajah seseorang yaitu popules (jerawat yang meradang), pustula, nodul dan kista, acne rosacea, acne conglobata, acne fulminans, Pioderma faciella, folikulitis. 

Banyak hal yang dapat menyebabkan munculnya jerawat. Mulai dari stres, faktor keturunan, aktivitas hormon, kelenjar minyak yang sangat aktif, bakteri pada pori-pori, polusi udara, iritasi, darah kotor, kebanyakan makan coklat, penyumbatan pori-pori wajah, kurang minum air putih, banyak merokok, minuman beralkohol, alergi bahan kosmetik, kurang vitamin A dan B2, terlalu sering terkena sinar matahari secara langsung,   dan lainnya. Mengetahui penyebab munculnya jerawat sangatlah penting karena dengan mengetahuinya, kita dapat mencegah munculnya jerawat. Seperti kata pepatah "mencegah lebih baik daripada mengobati". Jadi sebelum anda mengalami jerawatan, cegah lebih dulu dengan menghindari hal-hal yang dapat menyebabkan jerawatan. Namun jika anda sudah telanjur jerawatan, maka anda mesti melakukan cara-cara tertentu untuk menghilangkan jerawat. Berikut adalah cara-cara menghilangkan jerawat.

Menggunakan pembersih muka khusus menghilangkan jerawat

Salah satu cara menghilangkan jerawat adalah dengan pembersih muka yang khusus menghilangkan jerawat yang beredar di pasaran. Anda bisa membelinya di toko, swalayan atau lainnya. Namun disini perlu ketelitian dalam memilih merek pembersih. Pastikan merek itu sudah terpercaya, aman dan legal. Jangan gunakan barang ilegan atau tidak jelas sumbernya, sebab akibatnya bisa lebih buruk, bukan jerawat yang hilang tapi justru penyakit-penyakit baru yang muncul.

Menggunakan bahan-bahan alami untuk menghilangkan jerawat.

Selain cara diatas yang menggunakan produk pabrikan yang umumnya terbuat dari bahan-bahan kimia, anda juga dapat menggunakan bahan-bahan alami untuk menghilangkan jerawat. Berikut adalah bahan-bahan alami beserta cara menggunakannya dalam menghilangkan jerawat:

Lidah buaya
Kupas lidah buaya lalu ambil gelnya. Gunakan gel itu sebagai masker wajah, lalu diamkan hingga 10 - 15 menit sehari. Bilas dengan air sampai bersih.

Bawang putih
Iris beberapa siung bawang putih lalu olehkan pada wajah anda, diamkan 10 - 15 menit lalu bilas dengan air sampai bersih. Lalukan secara teratur.

Jeruk nipis
Peras air jeruk nipis lalu oleskan pada wajah anda, diamkan sekitar 15 menit lalu bilas dengan air bersih. Pengolesan air jeruk nipis pada wajah yang jerawatan akan menimbulkan sedikit rasa perih, jadi anda jangan kaget, tahan saja.

Putih telur
Ambil putih telur, kocok sebentar lalu oleskan pada wajah yang jerawatan. Diamkan sekitar 10 - 15 menit lalu bilas hingga bersih. Lakukan ini secara teratur.

Mentimun
Jika jerawat anda cuma sedikit, iris mentimun lalu tempelkan pada wajah yang ada jerawatnya, diamkan sekitar 10 - 15 menit. Namun jika jerawat anda banyak, caranya parut/blender halus mentimun yang sudah dicuci bersih, lalu jadikan masker wajah. Biarkan hingga 20 - 30 menit sebelum dibilas.

Madu alami (bukan madu campuran)
Oleskan madu alami pada wajah jerawatan dengan menggunakan kapas, diamkan 25 - 30 menit kemudian bilas dengan air. Lakukan secara teratur hingga jerawat anda benar-benar hilang.

Buah lemon
Peras air lemon lalu oleskan pada wajah jerawatan dengan menggunakan kapas. Biarkan beberapa menit lalu basuh dengan air bersih.

Tomat
Iris tomat lalu tempelkan pada bagian wajah yang jerawatan, Diamkan sekitar 10 - 15 menit. Lakukan ini secara teratur.

Es batu
Bungkus es batu dengan kain bersih lalu tempelkan pada bagian wajah yang jerawatan. Tahan beberapa menit kemudian lepaskan jika sudah tidak tahan dengan rasa dingin. Lakukan ini secara berulang-ulang 10 - 20 kali sehari hingga jerawat hilang.

Pepaya
Haluskan pepaya lalu jadikan masker pada wajah lalu diamkan sekitar 15 menit sebelum dibersihkan dengan air bersih. Lakukan hal ini secara teratur hingga jerawat anda hilang sama sekali.

loading...
Ditulis oleh: Admin Hallo Blog Updated at : 08:44:00