loading...

Bagaimana cara mengatur ukuran kertas pada microsoft word?

Mengatur ukuran kertas Microsoft Word

Pengaturan kertas pada microsoft word sangat diperlukan terutama untuk keperluan pencetakan seperti pada skripsi, makalah, buku dan lainnya. Dengan mengatur ukuran kertas maka hasil pencetakan dapat disusun secara rapih dan mudah dalam proses pembukuannya. Bisa dibayangkan jika kita mencetak dokumen word tanpa diatur terlebih dahulu ukuran kertasnya, bisa dipastikan hasilnya tidak akan memuaskan. Oleh karena itu, pengetahuan tentang cara mengatur ukuran kertas pada microsoft word sangat diperlukan terutama untuk orang yang kegiatannya tidak jauh dari cetak mencetak. Lalu bagaimana cara mengatur ukuran kertas pada word?. Berikut adalah jawabannya

Silakan buka microsoft word yang ingin diatur ukuran kertasnya.

Fitur utama untuk mengatur kertas ada pada Page layout. Jadi, klik page layout maka tampilan akan seperti berikut:

Fitur microsoft word untuk mengatur ukuran kertas

Fitur-fitur penting dalam mengatur kertas adalah sebagai berikut:

1. Margins, yang digunakan untuk mengatur bagian pinggir kertas yang tidak kosong. Dalam menggunakan margins lebih baik anda menggunakan custum margins. Caranya klik margins lalu custum margin sehingga muncul tampilan seperti ini:

Cara mengatur margins pada microsoft word

Lalu isi Top (bagian atas), Bottom (bagian bawah), left (kiri), dan right (kanan). Umumnya bagian left lebih besar daripada bagian lainnya.

Dibawah margins ada orientasi. Orientasi berguna untuk mengatur pola pencetakan. Jika anda memilih portrait maka pencetakan memanjang kebawah, sedangkan jika anda memilih landscape maka hasil cetakan memanjang ke samping. Pemilihan portrait atau landscape tergantung kebutuhan. Namun umumnya landscape digunakan jika isi dokumen terdapat gambar atau tabel yang memanjang ke samping dan sulit diatur agar memanjang ke bawah.

Setelah pengaturan margins dan orientasi selesai, klik OK.

2. Orientasi, silakan pilih portrait jika menginginkan cetakan memanjang ke bawah dan landscape jika menginginkan cetakan memanjang ke samping.

3. Size, digunakan untuk menentukan ukuran kertas. Silakan pilih ukuran kertas sesuai dengan jenis kertas yang akan digunakan seperti A4, legal dan lainnya. Jika anda ingin menggunakan ukuran sendiri dengan menggunakan more paper sizes. Caranya klik Size - More paper Sizes sehingga muncul tampilan seperti gambar dibawah ini:

Cara memilih ukuran kertas pada microsoft word

Silakan isi Width (lebar) dan Height (tinggi) sesuai keinginan lalu klik Ok.

Dengan melalukan cara diatas, anda telah mengatur ukuran kertas pada microsoft word dan siap untuk melakukan pencetakan.
loading...
Ditulis oleh: Admin Hallo Blog Updated at : 14:30:00