loading...

Bagaimana cara mengatasi rambut yang rontok dan mencegah kebotakan?

Rambut adalah bagian terpenting bagi seorang manusia. Rambut dapat mengubah raut muka seseorang. Rambut yang rapih bersih akan membuat raut muka yang cerah dan bersahaja. Sebaliknya, rambut yang tak rapih akan membuat wajah tampak muram dan kusam. Bukan hanya untuk seorang wanita, tetapi juga untuk seorang pria, rambut merupakan bagian tubuh yang harus dipelihara dengan sebaik-baiknya. Selain itu rambut juga dapat berfungsi sebagai pelindung kepala dari panas matahari dan cuaca dingin.

Memiliki rambut yang sehat adalah impian semua orang. Rambut yang sehat adalah rambut yang  siklus pertumbuhannya panjang, mempunyai kelembaban yang cukup dan bagian dasar rambut memiliki sel-sel melanosit untuk menghasilkan melanin. Melanin merupakan zat warna rambut dan sel-sel yang mensintesakan keratin keras sebagai bahan pewarna rambut yang hitam.

Namun, memiliki rambut bukan tanpa masalah. Masalah rambut seperti ketombe, rambut rontok hingga kebotakan. Masalah umum yang sering dihadapi rambut seorang pria adalah kebotakan. Kebotakan diakibatkan oleh kerontokan rambut yang tidak wajar. Kerontokan ini dapat diakibatkan oleh faktor keturunan maupun perawatan rambut yang buruk dan faktor lainnya. Lalu bagaimanakah cara mengatasi kebotakan rambut?. Berikut adalah tips mencegah kebotakan.

1. Keramas rambut secara teratur.

Keramas rambut dengan menggunakan shampo yang terpercaya secara teratur dapat mencegah rambut rontok, yang secara tidak langsung mencegah kebotakan. Mengkeramas rambut akan membuat rambut bersih dan sehat. Shampo yang digunakanpun harus shampo yang benar-benar terpercaya mampu mengatasi masalah-masalah rambut. Jadi, penting berhati-hati dalam memilih jenis shampo. Jika perlu, gunakan shampo yang terbuat dari bahan-bahan alami, sebab bahan alami tidak merusak rambut.

2. Tidak terlalu keras menggosok rambut ketika keramas.

Menggosok rambut terlalu keras ketika keramas dapa menyebabkan beberapa bahkan banyak rambut rontok tanpa disadari. Apalagi rambut anda memang mudah lepas, ini akan menyebabkan rambut yang lepas cukup banyak. Ini bisa anda buktikan sendiri, silakan gosok rambut dengan keras ketika keramas, lalu perhatikan ditelapak tangan anda berapa rambut yang lepas, jumlahnya bisa ratusan. Jika ini dibiarkan terus menerus akan menyebabkan rambut menipis lalu botak.

3. Sesekali, pangkas gundul rambut anda.

Pangkas gundul rambut dapat mencegah kebotakan. Ini karena rambut yang digundul akan mencegah kerontokan, menjaga kebersihan rambut dan merangsang pertumbuhan rambut yang baru. Paling tidak, setahun sekali anda menggundul rambut jika diperlukan. Apalagi jika anda merasa mengalami kerontokan yang parah, menggundul rambut merupakan solusi yang tepat, sebelum kepala anda menjadi botak.

4. Hindari hal-hal yang dapat menyebabkan kerontokan

Anda mesti mengetahui hal-hal yang dapat menyebabkan kerontokan, seperti merokok, stres dan mewarnai rambut. Jika anda perokok dan mengalami kerontokan, maka segeralah berhenti merokok. Sebab rokok dapat merontokkan rambut karena dapat merusak pembuluh darah dan suplai darah ke folikel rambut. Demikian pula jika anda mengalami stres, segera kurangi stres anda dengan cara menghibur diri seperti menonton film, bermain game dan lainnya yang dapat mengurangi stres. Mewarnai rambutpun harus dihindari karena dapat merusak folikel kulit kepala serta rambut.

5. Lakukan hal-hal yang menyehatkan tubuh anda.

Tubuh yang sehat akan menyebabkan seluruh bagian tubuh sehat, termasuk rambut. Lakukan hal-hal yang dapat menyehatkan tubuh seperti berolahraga, makan-makanan yang bergizi dan lainnya. Dengan berolah raga akan memperlancar peredaran darah termasuk aliran darah kerambut sehingga rambut tidak akan kekurangan nutrisi. Nutrisi bagi rambut dapat diperoleh dari makanan yang bergizi.
loading...
Ditulis oleh: Admin Hallo Blog Updated at : 09:07:00