Bagaimana cara membuat nasi goreng yang enak dimakan?

Nasi Goreng

Nasi goreng merupakan salah satu masakan yang banyak digemari masyarakat indonesia. Bagaimana tidak, rasa nasi goreng yang sangat enak menjadi salah satu alasannya. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya penjual nasi goreng, apalagi diperkotaan, hampir disemua pinggir jalan raya ada penjual nasi goreng.

Nasi goreng merupakan masakan dengan nasi sebagai bahan utama kemudian ditambah dengan bumbu-bumbu lainnya yang membuat rasa nasi goreng menjadi enak. Saat ini, untuk mendapatkan nasi goreng cukup mudah, anda bisa membelinya atau membuatnya sendiri. Lalu bagaimana cara membuat nasi goreng?. Pada postingan ini, saya ingin berbagi resep cara membuat nasi goreng, karena kebetulan semenjak kecil, saya sering membuat nasi goreng. Biasanya saya membuat nasi goreng untuk sarapan. Resep nasi goreng yang saya berikan terbagi menjadi 2 resep yaitu resep yang sederhana dan yang kedua resep yang cukup komplet. Berikut adalah ulasannya.

Resep nasi goreng yang sederhana

Saya sebut sederhana karena bumbu nasi goreng ga ribet. Resep ini biasa digunakan ketika kondisi anda sedang darurat, misalnya saja anda sedang buru-buru tapi ingin makan lalu dirumah tidak ada apa-apa. Namun anda memiliki nasi dan beberapa sayuran. Maka nasi ini bisa anda buat nasi goreng. Berikut caranya:

Sediakan bahan: Nasi, 3 bawang merah, 2 cabe merah, kecap, telor ayam, garam, micin dan minyak goreng.

Cara membuatnya: 
Pertama iris kecil-kecil bawang merah dan cabe merah. Setelah di iris anda siap membuat nasi goreng. Pertama, goreng terlebih dahulu potongan bawang merah dan cabe merah hingga matang (gunakan minyak goreng secukupnya). Setelah itu masukkan isi telor lalu aduk hingga bercampur secara merata dengan bawang dan cabe. Jika isi telor sudah matang, masukkan nasi lalu aduk hingga bumbu merata dengan nasi. Jika nasi sudah hangat, masukkan garam dan micin (atau penyedap makanan), kecap secukupnya lalu aduk hingga merata dengan nasi.

Nah, enak tidaknya rasa nasi goreng tergantung ketepatan dalam memberi garam, micin atau penyedap makanan. Jadi disini, anda mesti bisa mengukur banyak sedikitnya bumbu itu. Jika anda kesulitan, lakukan sedikit-sedikit lalu cicipi, jika terasa kurang tinggal tambahkan bumbunya. Jika nasi sudah mengeluarkan asap, itu menunjukkan nasi goreng sudah jadi, anda tinggal menuangkannya dipiring lalu siap di makan.

Resep nasi goreng yang komplet

Saya sebut komplet karena bahan-bahan nasi goreng ini lumayan banyak. Berikut adalah bahannya:
  1. Satu porsi nasi
  2. 3 Kecap
  3. 2 Bawang merah
  4. Cabe merah
  5. Kemiri
  6. Telor ayam
  7. Mentega
  8. Garam
  9. Micin atau penyedap makanan lainnya seperti masako.
  10. Potongan kecil ayam goreng

Cara membuatnya:
Haluskan bawang merah, cabe merah dan kemiri dengan menggunakan coet dan uleg-uleg. Setelah dihaluskan, anda bisa langsung membuat nasi goreng. Pertama goreng hingga matang bawang merah, cabe merah dan kemiri yang telah dihaluskan (gunakan minyak goreng dan mentega secukupnya). Setelah itu masukkan ceplok telor lalu aduk hingga matang. Masukkan nasi lalu aduk hingga bumbu tercampur secara merata. Jika nasi sudah hangat masukkan garam, micin atau penyedap makanan, potongan kecil daging ayam, dan kecap secukupnya lalu aduk hingga merata. Jika nasi gorang telah mengeluarkan asap, ini menunjukkan nasi goreng telah siap untuk disajikan.

Ketika anda akan menyantap nasi goreng, anda bisa menambahkan bermacam sayuran sebagai pelengkap seperti potongan mentimun, tomat dan sayuran lainnya yang anda sukai. Dan jangan lupa, menyantap nasi goreng kurang lengkap jika tidak ada kerupuk.
Ditulis oleh: Admin Hallo Blog Updated at : 09:33:00