Bagaimana cara membuat diagram garis dengan menggunakan microsoft word?

Diagram garis

Disebut diagram garis karena bentuk diagram ini berupa garis-garis. Diagram garis sama seperti diagram batang, diagram lingkaran atau diagram lainnya yaitu menunjukkan penyajian data suatu hasil pengamatan tertentu seperti data nilai ujian nasional siswa untuk beberapa tahun atau data lainnya. Yang membedakan diagram garis dengan lainnya hanyalah pada bentuknya.

Pada postingan ini, saya akan berbagi ilmu tentang cara membuat diagram garis. Membuat diagram garis memiliki banyak cara, namun saya akan menjelaskan cara membuat diagram garis dengan menggunakan microsoft word, karena word merupakan aplikasi perkantoran yang sudah terkenal, hampir semua orang sudah mengenal aplikasi ini. Oke langsung saja, berikut adalah cara membuat diagram garis dengan word.

Buka microsoft office word anda (2007, 2010, 2013, 2016, atau lainnya).
Pilih Insert - Chart - Line - pilih jenis diagram yang akan digunakan - OK.

Memilih diagram garis pada microsoft word

Misalkan anda memilih jenis diagram yang pertama, maka akan muncul tampilan sebagai berikut:

Tampilan diagram garis di word dan excel

Ada dua tampilan yang muncul yaitu word dan excel. Tampilan word menunjukkan diagram garis dan tampilan excel menunjukkan data dari diagram. Jadi dari excel ini anda bisa mengedit data pada diagram garis.

Langkah selanjutnya adalah anda ubah Series 1, 2, 3, Category 1 hingga 4 dengan nama yang sesuai dengan unsur yang akan ditampilkan pada diagram, kemudian ganti angkanya dengan data-data yang anda punya. Sampai disini, anda sudah membuat diagram garis.

Namun kadangkala muncul pertanyaan seperti berikut:
  1. Bagaimana cara mengubah nilai sumbu vertikal?
  2. Bagaimana cara menghapus dan menambah diagram garis?
Berikut adalah jawabannya:
Jawaban nomor 1
Untuk mengubah nilai sumbu vertikal cukup mudah, caranya sebagai berikut: klik kanan sumbu vertikal - format axis sehingga muncul tampilan sebagai berikut:

Cara mengubah nilai sumbu vertikal pada diagram garis

Pada Axis option, ganti auto menjadi fixed lalu isi kolom angka dengan nilai yang diinginkan, kemudian Close maka nilai sumbu vertikal sudah berubah.

Jawaban nomor 2
Untuk menghapus atau menambah diagram garis, perhatikan tampilan pada excel. Yang pasti untuk menambah diagram garis berarti menambah Category dan Series.

Cara menambah Category: klik kanan kotak Category - insert - Tabel Rows Above - OK, maka Category telah bertambah kemudian isi nama Category sesuai keinginan.

Cara menambah Series: klik kanan kolom series - insert maka series telah bertambah. Langkah selanjutnya adalah memberi nama series beserta datanya.
Dengan 2 langkah ini maka diagram garis telah bertambah.

Cara menghapus Category: klik kanan Category - delete - Table Rows maka satu category telah dihapus.
Cara menghapus Series: klik kanan salah satu kolom series - delete maka satu series telah dihapus.
Dengan 2 cara ini anda telah mengurangi satu diagram garis

Ditulis oleh: Admin Hallo Blog Updated at : 10:38:00