loading...

Bagaimana cara membuat diagram batang dengan microsoft word?

Diagram batang

Disebut diagram batang karena bentuk diagram ini berupa batang berbentuk persegipanjang ataupun balok. Diagram batang sangat cocok untuk melihat perkembangan atau penurunan sebuah data, seperti peningkatan atau penurunan nilai rata-rata ujian nasional mata pelajaran tertentu untuk beberapa tahun dan data lainnya. Lalu bagaimana cara membuat diagram batang?. Tentu saja jawabannya sangat beraneka ragam karena cara emmbuat diagram ini bisa bermacam-macam, mulai dari cara manual hingga menggunakan sistem komputer.

Pada postingan ini, saya akan berbagi ilmu tentang cara membuat diagram batang. Cara membuat diagram batang yang akan saya jelaskan adalah dengan menggunakan salah satu aplikasi perkantoran yaitu microsoft word. Kenapa menggunakan word?, jawabannya tentu saja karena word sudah tidak asing lagi bagi orang yang sudah mengenal komputer. Oke, langsung saja berikut adalah cara membuat diagram batang.

Buka microsoft word (2007, 2010, 2013, 2016, dan lainnya) dikomputer anda.
Pilih insert - Chart - Column - pilih jenis diagram batang yang ingin digunakan - OK.

Memilih jenis diagram batang pada microsoft word

Misalkan kita pilih diagram yang pertama, maka akan muncul dua tampilan yaitu word dan excel. Word menggambarkan diagram batang sedangkan excel menggambarkan datanya.

Contoh tampilan diagram batang pada word dan excel

Silakan ganti Series dan Category sesuai dengan nama unsur yang akan ditampilkan, kemudian isi datanya pada kolom seperti gambar diatas. Setelah selesai maka kita sudah membuat sebuah diagram batang. Mudah bukan?.  Namun kadang kala muncul pertanyaan tentang membuat diagram dengan cara ini, misalkan saja seperti ini:
  1. Bagaimana cara menambah atau mengurangi series dan category?
  2. Bagaimana cara mengubah warna diagram batang?
  3. Bagaimana cara mengubah nilai sumbu vertikal
Jawaban nomor 1
Untuk mengurangi Category dapat dilakukan dengan cara seperti gambar dibawah ini!

Mengurangi dan menambah banyak diagram batang

Klik kanan cell Category yang ingin dihapus - delete - Table Rows. Jika ingin menambah Category, klik kanan cell category - Insert - Table rows above.

Untuk mengurangi Series dilakukan dengan cara klik kanan kolom Series yang akan dihapus - delete. Jika ingin menambah klik Insert (bukan delete).

Mengurangi dan menambah banyak diagram batang

Jawaban nomor 2
Mengubah warna diagram batang dengan cara: klik kanan diagram yang akan diubah warna - format data Series - Fill - Solid fill - pilih warna - Ok.

Jawaban nomor 3

Mengatur nilai sumbu vertikal diagram batang

Klik kanan vertical (valus) axis - format axis maka muncul tampilan seperti gambar diatas. Pada Axis option, ubah kondisi menjadi fixed, kemudian isi kolom seperti minimum, maximum, mayor unit, minor unit dengan data yang diinginkan, lalu Close maka nilai sumbu vertikal telah diubah.
loading...
Ditulis oleh: Admin Hallo Blog Updated at : 01:27:00