Dua cara mudah mencari atau mengganti kata pada excel dan word

Mencari atau mengganti data pada excel dan word

Pada saat menyunting sebuah tulisan atau data yang sangat banyak, tentunya akan timbul kesulitan apabila harus mencari data atau kata yang diganti atau dihapus. Pencarian akan tambah sulit apabila harus memerikasa satu persatu sel atau kata untuk mencari data yang dimaksud. Untuk mengatasi masalah tersebut, microsoft excel dan word telah menyediakan fasilitas Find and Replace. Dengan fasilitas ini akan memudahkan dalam mencari dan menemukan data atau kata secara cepat, dan dapat menggantinya sekaligus. Nah, dalam menggunakan fasilitas Find and Replace ini, ada dua cara yang bisa anda lakukan. Berikut adalah sedikit penjelasan bagaimana cara menggunakan Find and Replace pada excel dan word.

Cara 1

Buka microsoft word atau excel yang ingin dicari kata atau data didalamnya.
Pada menu Home, pilih Find yang terdapat pada bagian kanan atas seperti pada gambar:

Letak Find pada microsoft word

Letak Find pada microsoft word

Letak Find pada microsoft Excel

Letak Find pada microsoft excel 

Klik Find tersebut sehingga muncul tampilan seperti gambar dibawah:

Cara menggunakan Find pada excel dan word

Tulis Find what dengan kata atau angka yang ingin dicari lalu klik Find All (menemukan semua kata/angka yang dicari) atau Find Next (menemukan kata/angka yang dicari satu per satu).

Jika anda ingin mengganti suatu kata atau angka, maka anda pilih Replace (disebelah Find). Jika Replace diklik akan muncul tampilan seperti gambar:

Cara menggunakan Replace pada excel dan word

Tulis Find what dengan kata atau angka yang akan diganti, dan Replace with dengan kata atau angka sebagai pengganti. Kemudian anda bisa klik Replace (mengganti satu kata atau angka yang pertama ditemukan saja) atau Replace All (mengganti semua kata atau angka yang ditulis pada Find what. Find Next digunakan untuk mengganti kata atau angka yang baru.

Cara 2
Cara 2 sebenarnya mirip dengan cara 1, bedanya hanya dilangkah awal. Jika cara 1 menggunakan fasilitas Find pada menu Home, cara 2 menggunakan Find dengan menekan tombok Ctrl dan F secara bersamaan pada Keyboard. Jika tombol Ctrl dan F ditekan secara bersamaan akan muncul gambar sebagai berikut:

Cara mengganti kata atau angka dengan menekan ctrl + F

Cara menggunakan ini, sama seperti cara 1.

Jika dibandingkan antara cara 1 dan 2 maka akan terlihat bahwa cara 2 lebih mudah dan cepat daripada cara 1. Lalu anda akan menggunakan cara yang mana? Jawabannya adalah anda sendiri yang dapat menjawabnya.
Ditulis oleh: Admin Hallo Blog Updated at : 14:49:00