Cara agar Column/Row micorosoft excel tidak bergerak

Column/row microsoft excel

Menjadikan Column/Row microsoft excel tertentu tidak bergerak kadang kala diperlukan terutama untuk data yang cukup panjang. Salah satu tujuannya adalah mempermudah pengecekan dan pencocokan sebuah data dengan item data itu. Misalkan saja nama item sebuah benda di kolom A sedangkan salah satu data item itu ada di kolom AZ dengan rentang yang cukup jauh, maka jika kolom A tidak dibuat tidak bergerak maka cukup sulit untuk melihat apakah data itu sesuai atau tidak.

Cara agar Column atau Row excel tertentu tidak bergerak sebenarnya sangat mudah. Yang terpenting adalah anda mengetahui fitur yang berfungsi untuk membuat Column/Row tidak bergerak. Fitur itu bernama Freeze Panes. Freeze Panes terletak di menu View seperti gambar berikut:

Cara agar kolom/baris tidak bergerak, Freeze Panes 

Seperti terlihat pada gambar di atas, Freeze Panes terdiri dari 3 jenis:
  1. Freeze Panes, berfungsi agar Column atau row yang anda pilih tidak bergerak.
  2. Freeze Top Row berfungsi agar Row atau baris pertama tidak bergerak.
  3. Freeze First Column berfungsi agar column atau kolom pertama tidak bergerak.

Lalu bagaimana cara menggunakan Freeze Panes?
Cara menggunakannya sangatlah mudah. Jika anda mengklik Freeze First Column maka secara otomatis kolom pertama tidak bergerak. Jika anda mengklik Freeze Top Row maka secara otomatis baris paling atas tidak bergerak.

Untuk menggunakan jenis pertama Freeze Panes, anda klik terlebih dahulu Column atau Row yang akan dibuat tidak bergerak, misalkan saja Column D seperti gambar:

Cara menggunakan Freeze Panes

Klik Freeze Panes maka kolom hingga kolom AV tidak akan bergerak.

Salam sukses.
Ditulis oleh: Admin Hallo Blog Updated at : 11:15:00