loading...

3 cara nge-print dokumen Excel

Nge-Print Dokumen Excel

Nge-print adalah bagian terakhir dari kegiatan membuat sebuah dokumen. Pada postingan ini akan dibahas tentang cara nge-print dokumen khusus microsoft Excel. Tercatat, ada tiga cara yang dapat dilakukan untuk nge-print dokumen excel ini. Berikut adalah ulasannya:

Cara ngeprint 1

Buka dokumen excel yang akan di print.
Sebelum melakukan pengeprintan, cek terlebih dahulu ukuran kertas, margin, dan juga kabel printer yang sudah terhubung ke usb. Pastikan semuanya sudah terpasang dengan benar agar tidak terjadi kesalahan dalam proses nge-print.
Klik Office Button (pojok kiri atas) - Print seperti terlihat di gambar:

Cara ngeprint excel 1

Disini ada tiga jenis pilihan Print:
  • Print digunakan jika masih diperlukan pengecekan kembali seperti nama printer, number of copies, print range, atau lengkapnya dapat dilihat pada gambar dibawah:

Cara mengatur print pada excel 

Silakan atur. Kemudian jika pengaturan selesai, klik OK.
  • Quick Print digunakan jika anda yakin dokumen dan setting printer tidak perlu dicek kembali atau sudah disetting dengan benar.
  • Print preview berguna untuk melihat tampilan dokumen yang akan tercetak setelah di print. 

Cara nge-print 2

Cara nge-print 2 lebih mudah daripada cara 1. Tekan Ctrl dan P di keyboard secara bersamaan maka akan muncul tampilan dibawah ini:

Cara mengatur print pada excel

Atur nama printer, print range, dan number of copies, lalu klik OK.

Cara ngeprint 3 (print area)

Cara 1 dan cara 2 digunakan jika penulisan di excel sudah disusun berdasarkan halaman masing-masing. Namun jika penulisannya tidak teratur dan anda ingin mengeprint bagian tertentu saja dari dokumen excel, maka anda harus menggunakan cara yang ketiga ini yang dinamakan dengan Print Area. Caranya adalah Blok bagian yang akan diprint - Page Layout - Print Area - Set Print area, seperti gambar dibawah:

Cara menggunakan print area

Tekan Ctrl dan P di keyboard maka akan muncul tampilan seperti cara ngeprint 2. Lakuka langkah yang sama seperti ngeprint cara 2.

Salam sukses.
loading...
Ditulis oleh: Admin Hallo Blog Updated at : 10:48:00