Tips mengganti template blog tanpa masalah

Tips mengganti template blog 

Template bisa dikatakan sebagai tampilan dasar dari sebuah blog atau website. Keberadaan template tentu sangat penting karena bisa mmpengaruhi kualitas website. Setiap pemiliki blog atau website pasti menginginkan template yang menarik sehingga pengunjung merasa nyaman membaca postingan di website. Template untuk blog sangat banyak macamnya, ada yang gratis untuk di download dan ada pula yang mesti membayar jika kita ingin mendownload. Masalah pemilihan template biasanya tergantung selera dari pemilik blog tersebut.

Namun adakalanya pemilik blog ingin mengganti template agar tampilan blog/websitenya lebih menarik. Lalu apakah mengganti template itu penting atau tidak?. Jawabannya adalah penting ga penting. Disebut penting jika template blog sobat masih sederhana atau template klasik lalu menggantinya dengan template yang baru dengan kualitas yang jauh lebih baik. Disebut ga penting jika blog sobat sudah memiliki template yang bagus.

Pada saat mengganti template, biasanya akan terjadi beberapa masalah. Masalah yang muncul biasanya ada di webmaster dimana kita mensitemap url blog atau website. Masalah yang muncul adalah sebagai berikut:
  1. Terjadinya Missing required baik itu missing update, missing author dan lainnya.
  2. Terjadinya unverifikasi di webmaster baik diwebmaster google, webmaster bing dan lainnya. Itupun jika metode verifikasi yang digunakan yaitu dengan meta content.
  3. Hilangnya kode-kode lainnya yang menempel pada template blog seperti kode iklan dan sebagainya.
Mengganti template tidak akan mempengaruhi jumlah pengunjung jika template yang kita ganti menjadi lebih baik. Malahan akan menaikkan jumlah visitor. Lalu bagaimana cara agar ketiga masalah itu tidak muncul di webmaster. Berikut adalah tips mengganti template agar tidak muncul masalah di webmaster:
  1. Pertama tentunya sobat sudah memiliki file xml yang tersimpan di komputer dan siap untuk diunggah. Jika belum memiliki silakan coba download terlebih dahulu template. Yang pasti template itu harus lebih baik dari template yang akan diganti.
  2. Copy terlebih dahulu kode-kode verifikasi yang menempel di template seperti kode verifikasi google, bing, yandex, alexa dan lainnya lalu pastekan di word atau notepade. Ini dilakukan agar kita tidak perlu repot-repot mencari kode-kode itu lagi dan mudah untuk memasangnya kembali.
  3. Copy juga kode lainnya yang dianggap penting seperti kode iklan (jika diblog sobat ada kode iklannya), Idblog, dan id Google+ dan pastekan di word dan notepade.
  4. Silakan ganti template blog sobat dengan cara pilih Template - Cadangkan/pulihkan - pilih file xml template - open - unggah. Tunggu hingga proses pengunggahan template selasai.
  5. Setelah proses pengunggahan selasai dan template berhasil diganti, Sobat pilih Edit Template lalu pasang kembali kode-kode yang dicopy ke posisi yang semestinya. 
  6. Cari kode hfeed dan hentry lalu ganti menjadi h-feed dan h-entry, ini dilakukan agar tidak terjadi missing update atau missing author di webmaster (ini dilakukan biar aman saja). 
  7. Ganti nama-nama menu dan urlnya yang terdapat di template sesuai dengan menu blog sobat. Jika pengaturan selesai, jangan lupa klik Simpan.
  8. Sekarang sobat membuka Tata Letak. Jika letak gadget berantakan atau pada posisi yang tidak sesuai dengan keinginan sobat, silakan atur terlebih dahulu gadget tersebut, lalu klik simpan.
  9. Kini sobat bisa melihat hasilnya.
Itulah tips mengganti template tanpa masalah. Semoga berhasil.
Ditulis oleh: Admin Hallo Blog Updated at : 09:17:00