Tiga cara meningkatkan rasa percaya diri


Percaya diri

Percaya diri adalah keyakinan pada kemampuan diri sendiri dalam melakukan kegiatan tertentu. Memiliki rasa percaya diri sangat penting dalam diri seseorang. Percaya diri adalah kunci dari keberhasilan, karena Kepercayaan diri menggerakkan pikiran untuk mencari jalan dan sarana serta cara melakukannya. Lalu bagaimanakah agar kita percaya diri?. Berikut adalah ulasannya:

1. Berpikir pasti berhasil

Jangan pernah berpikir akan gagal. Ditempat kerja, dirumah atau dimana saja, gantilah berpikir gagal dengan berpikir "ini pasti berhasil". Ketika menghadapi situasi sulit, berpikirlah "Saya pasti bisa", "saya pasti menang". Jangan berpikir "Saya tidak akan bisa", atau "Saya akan kalah". Ketika kita bersaing dengan orang lain, berpikirlah "Saya yang terbaik", jangan berpikir "Saya tidak masuk hitungan". Jika ada peluang, berpikirlah "Saya pasti bisa melakukannya", jangan pernah berpikir "Saya tidak dapat".

Biarkan pikiran "Saya akan berhasil" menghiasi proses berpikir. Berpikir pasti berhasil mengkondisikan pikiran untuk rencana yang menghasilkan keberhasilan. Berpikir gagal mengkondisikan pikiran memikirkan hal lain yang menghasilkan kegagalan.

Kepercayaan akan berhasil adalah kekuatan penggerak dan kunci utama bisnis yang sukses, perusahaan yang berhasil, organisasi yang berhasil dan lainnya. Kepercayaan akan keberhasilan adalah salah satu unsur dasar yang esensial pada diri orang yang berhasil. Jika anda percaya akan berhasil maka anda pasti akan berhasil.

2. Menanamkan dalam pikiran bahwa saya lebih baik dari yang saya kira

Orang yang sukses bukan orang yang super atau sangat pandai. Sukses tidak didasarkan pada nasib. Orang yang sukses adalah orang biasa yang telah mengembangkan kepercayaan kepada diri sendiri dan apa yang mereka lakukan. Jangan mengakui keraguan anda atau mengesankan orang lain bahwa anda bukan orang kelas satu. Jadi hilangkan keraguan diri itu, sebab keraguan adalah sumber kegagalan dan menghilangkan rasa percaya diri.

Semua manusia sebenarnya memiliki potensi diri yang sangat banyak. Namun potensi-potensi ini tidak semuanya terlihat dan dimanfaatkan sepenuhnya. Banyak potensi manusia yang terpendam, dan tentu ini sanga disayangkan sebab potensi itu pasti bermanfaat baik untuk dirinya atau untuk orang lain. Salah satu penyebab potensi tetap terpendam adalah kita selalu menilai diri berdasarkan pikiran "Saya hanya bisa seperti ini", kita tidak berpikir bahwa kita lebih baik dari perkiraan kita.

3. Berpikir positif

Berpikir positif adalah sebuah kekuatan seseorang untuk melakukan sesuatu. Dengan berpikir positif seseorang tidak akan takut mengerjakan apapun. Karena memang sumber ketakutan adalah pikiran kita sendiri yaitu pikiran negatif. Dengan demikian berpikir positif akan meningkatkan rasa percaya diri.

Semua orang pasti pernah mengalami situasi yang sulit, tidak menyenangkan, memalukan, dan mengecilkan hati. Namun orang yang sukses  dan tidak sukses menyikapi keadaan itu dengan cara yang berbeda. Orang yang tidak sukses memasukkan peristiwa itu ke dalam hati. Mereka terus memikirkan peristiwa tidak menyenangkan itu dalam ingatan. Hal ini menyebabkan ia murung, pesimis dan hilang kepercayaan diri.

Sebaliknya, orang yang sukses tidak memikirkan situasi itu lagi. Orang sukses berspesialisasi dalam memasukkan pikiran positif kedalam ingatan mereka. Sehingga mereka tidak kehilangan kepercayaan dirinya.

Pikiran negatif mengakibatkan kerusakan motor mental anda. Pikiran negatif menimbulkan kekhawatiran, frustasi, perasaan inferior dan menghilangkan rasa percaya diri. Pikiran negatif menempatkan kita di pinggir jalan sementara orang berpikiran positif terus melaju tanpa henti. Jadi hilangkan pikiran negatif segera dan ubahlah menjadi pikiran positif.

Ditulis oleh: Admin Hallo Blog Updated at : 15:16:00