Cara termudah membuat kalkulator sederhana


Kalkulator

Kalkulator adalah sebuah alat hitung dari perhitungan sederhana seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, akar, kuadrat dan sebagainya. Dalam perkembangannya kalkulator merupakan alat hitung yang terdapat pada komputer, smartphone, tablet dan lainnya.

Keberadaan kalkulator bagi seseorang kadang diperlukan dan juga tidak diperlukan, tergantung dari kebutuhan. Jika dia seorang pedagang maka keberadaan kalkulator pasti sangat diperlukan terutama untuk menghitung jumlah pembelian atau penjualan. Namun bagi seorang selain pedagang, umumnya kalkulator tidak terlalu dibutuhkan, dalam arti perlunya hanya sekali-kali saja.

Kalkulator muncul pertama kalinya sekitar 5000 tahun lalu di asia kecil dan saat ini masih digunakan dibeberapa tempat sebagai awal mula mesin hitung. Kalkulator ini tersusun dari biji-bijian yang dapat digeser yang diatur pada sebuah rak. Pada waktu itu pedagang menamakan kalkulator dengan abacus yang digunakan sebagai alat hitung perdagangan. Namun setelah munculnya pensil dan kertas dieropa, abacus mulai ditinggalkan.

Pada tahun 1642, ditemukan kalkulator roda numerik. Kalkulator ini berbentuk kotak persegi yang dinamakan Pascaline yang menggunakan delapan roda putar bergerigi untuk menjumlahkan bilangan hingga delapan digit. Kelemahan kalkulator ini adalah hanya dapat melakukan penjumlahan.

Kalkulator terus mengalami perkembangan menuju alat kalkulator yang lebih baik. Sekarang, telah banyak merek-merek kalkulator yang dijual dipasaran, mulai dari harga yang murah hingga yang cukup mahal. Pada zaman sekarang, kalkulator bahkan dapat dibuat di komputer. Lalu bagaimana caranya?. Disini saya akan berbagi ilmu cara membuat kalkulator, namun kalkulator ini dapat dikatakan kalkulator sangat sederhana sekali (KS3) karena operasi hitung hanya meliputi penjumlahan, perkalian, pengurangan, dan pembagian. Berikut adalah cara membuatnya:
  • Pertama buka notepad komputer sobat.
  • Pada notepad ketik:
@echo off
title Kalkulator KS3
:ulang
Mulai berhitung!
Set /p A=Angka pertama=
Set /p B=Angka kedua=
Set /p o=Pilih operasi hitung (*, +, -, /)=
Set /a "Jumlah"=A%o%B
echo Jumlah = %Jumlah%
pause>null
goto ulang
  • Simpan notepad dengan nama "Calculator.bat".
  • Buka dengan klik 2x file notepad yang disimpan, maka akan muncul tampilan seperti gambar dibawah:
Cara termudah membuat kalkulator sederhana
  • Isi angka pertama, lalu tekan enter.
  • Isi angka kedua, lalu tekan enter.
  • Pilih jenis operasi hitung yang ingin digunakan (*, +, -, /), lalu tekan enter maka lihat hasilnya.

Itulah cara membuat kalkulator sederhana dengan notepad.
Ditulis oleh: Admin Hallo Blog Updated at : 10:46:00