loading...

Cara singkat mengatasi ketakutan

Mengatasi Ketakutan

Ketakutan sebenarnya adalah ketidakpastian dan muncul karena tidak adanya kepercayaan. Ketakutan menjelaskan mengapa jutaan orang hanya mencapai sedikit dan menikmati sedikit. Namun ketakutan itu nyata sehingga kita harus mengenalinya sebelum bisa mengatasinya.

Ketakutan kebanyakan bersifat psikologis. Kekhawatiran, ketegangan, rasa malu, panik, semuanya berakar dari bayangan negatif yang salah penanganan. Ketakutan adalah musuh nomor satu kesuksesan. Ketakutan menghentikan seseorang memanfaatkan peluang, ketakutan meletihkan vitalitas fisik, ketakutan membuat orang benar-benar sakit, menyebabkan gangguan organik, memendekkan umur, dan menutup mulut ketika anda sebenarnya ingin berbicara.

Lalu bagaimana cara mengatasi ketakutan?

Berikut adalah cara mengatasi ketakutan:

1. Lakukan tindakan dan tidak menunda pekerjaan.

Tindakan dapat mengalahkan ketakutan dan sebaliknya kebimbangan dan penundaan justru akan memupuk ketakutan. Setiap kali kita mengalami ketakutan besar atau kecil, mantapkan diri anda, lalu cari jawaban untuk pertanyaan ini: "tindakan macam apa yang dapat saya ambil untuk mengalahkan ketakutan ini?".

2. Menghilangkan keraguan

Keraguan hanya memperbesar ketakutan. Segera ambil tindakan dan lakukan dengan tegas serta hilangkan keraguan itu.

3. Berpikir positif 

Ketakutan biasanya muncul dari pikiran-pikiran negatif atau prasangka buruk benak kita. Pada kenyataannya pikiran negatif dan prasangka buruk itu tidak pernah terjadi. Jadi hilangkan segera pikiran negatif dan mengubahnya menjadi pikiran positif.

4. Mengerjakan apa yang benar dan memelihara kepercayaan diri

Mengerjakan hal yang benar akan membuat hati merasa puas. Dan ini membangun kepercayaan diri dan menghilangkan ketakutan. Jika kita melakukan sesuatu yang kita tahu itu salah, maka akan muncul dua hal negatif yaitu kita merasa bersalah (rasa bersalah ini akan menggerogoti kepercayaan diri dan menimbulkan ketakutan) dan yang kedua adalah akan hilangnya kepercayaan dari orang lain.

5. Tersenyumlah

Senyuman akan memberikan dorongan yang kuat untuk melakukan sesuatu dan ini akan menghilangkan ketakutan. Tersenyum adalah obat yang ampuh untuk mengatasi ketakutan dan kurang percaya diri. Senyum memberi kepercayaan diri, mengalahkan ketakutan, menggulingkan kekhawatiran dan menaklukan kemurungan. Senyum meluruhkan perlawanan dari orang lain secara seketika. Orang tidak akan marah jika kita memberinya senyuman lebar dan tulus.

6. Buat segalanya tentang anda berbunyi "Saya percaya diri, benar-benar percaya diri, saya tidak takut sama sekali". 

Praktekkan cara-cara ini di dalam aktivitas anda sehari-hari.
loading...
Ditulis oleh: Admin Hallo Blog Updated at : 08:56:00