loading...

Cara menulis di Microsoft Excel

Menulis di microsoft excel

Microsoft Excel merupakan salah satu perangkat yang berfungsi untuk membuat, menyimpan dan mencetak sebuah dokumen. Perangkat ini memiliki fitur kalkulasi, pembuatan tabel dan pembuatan grafik yang cukup mudah dan ini menjadikan excel sebagai salah satu program komputer yang sangat populer. Tampilan dari microsoft excel berbeda dengan tampilan word. Tampilan word polos sama sekali sedangkan excel memiliki tampilan kotak-kotak. Kotak-kotak ini hanyalah sebuah desain saja dan tidak akan tercetak jika dokumen diprint kecuali kotak itu sudah kita beri garis tertentu.

Lalu bagaimana cara menulis di microsoft Excel?.

Sebenarnya menulis di microsoft excel dengan microsoft word tidaklah jauh berbeda. Yang terpenting adalah kita mengetahui cara mengatur ukuran kertas yang akan digunakan, mengatur tata letak tulisan, membuat tabel (jika ada), membuat grafik (jika ada) dan menyisipkan gambar. Pada postingan ini akan dibahas tata cara menulis sebuah dokumen di Excel:

Buka microsoft excel anda (2007, 2010 atau 2013).

Karena tampilan excel tidak memiliki batas ukuran kertas, lebih baik anda tentukan terlebih dahulu ukuran kertas yang akan digunakan. Langkah ini cukup penting karena selain mengetahui batas-batas ukuran juga dapat mempermudah pencetakan. Caranya adalah pilih Page Layout - Size - Pilih ukuran kertas.

Cara mengatur ukuran kertas microsoft excel 

Setelah ukuran kertas dipilih, maka akan muncul garis putus-putus yang menunjukkan batas-batas ukuran kertas. Jadi ketika menulis jangan sampai melebihi batas itu. Untuk memperjelas batas kertas, bisa menggunakan klik ikon page layout yang ditunjukkan anak panah gambar dibawah ini:

Cara mengetahui batas ukuran kertas microsoft excel 

Setelah pengaturan kertas selesai, anda bisa langsung memulai menulis.

Lalu bagaimana cara membuat judul tulisan di Excel?

Membuat judul tulisan di Excel sangatlah mudah. Anda langsung saja menulis judul itu di baris paling atas Excel. Namun umumnya judul letaknya ada ditengah tulisan, cara mengaturnya adalah: blok semua kotak yang satu baris dengan judul hingga mencapai batas kertas seperti gambar:

Cara meletakkan judul ditengah tulisan

Lalu klik fitur Merge yang ditunjukkan anak panah warna merah gambar diatas, maka judul akan berada di tengah tulisan.

Letak judul ditengah tulisan 

Lalu bagaimana jika judul itu melebihi batas kertas?

Cara mengatasi judul yang melebihi batas kertas microsoft excel

Untuk mengatasi ini, atur judul menjadi dua baris dengan cara blok dua baris yang berisi judul hingga mencapai batas ukuran kertas seperti gambar dibawah ini:

Cara membuat jucul menjadi 2 baris di microsoft excel

Kemudian klik fitur Merge yang ditunjukkan panah warna merah dan klik fitur Wrap Text yang ditunjukkan panah warna kuning, maka hasilnya seperti gambar dibawah ini:

Judul tulisan dengan 2 baris 

Jika judul sudah telah selesai dibuat, maka anda bisa melanjutkannya dengan tulisan yang lain. Teknik pengaturan tulisan sama seperti teknik mengatur judul.

Cara mengatur ukuran cell atau kotak

Mengatur ukuran cell atau kotak adalah bagian yang tak kalah penting dalam menulis di microsoft excel. Mengatur ukuran cell bisa menggunakan dua cara yaitu menggunakan mouse dan menggunakan fitur Format.
  • Dengan mouse: Tekan terus kiri mouse garis sisi kanan kotak lalu geser ke kanan untuk melebarkan kotak dan kekiri untuk memperkecil ukuran kotak.
  • Dengan fitur Format seperti gambar dibawah:
Cara mengatur ukuran kotak microsoft excel

Gunakan Row Height (mengatur tinggi kotak) dan Column Width (mengatur lebar kotak). Kemudian isi dengan angka ukuran yang anda inginkan, klik OK.

loading...
Ditulis oleh: Admin Hallo Blog Updated at : 09:42:00