loading...

Cara mendapatkan ide untuk artikel blog

Artikel untuk blog



Jika blog sudah penuh dengan artikel maka lama-kelamaan sang pemilik blog akan mengalami kebingungan "Membuat artikel apa yah?, semua artikel perasaan sudah ada?, lalu buat artikel apalagi?". Salah satu kekhawatiran jika kita lama tidak memposting adalah turunnya traffic blog atau menurunnya pengunjung.

Dan memang sangat logis jika pemilik blog lama tidak memposting maka jumlah pengunjung akan turun. Logikanya adalah pengunjung akan bosan karena isi blognya hanya itu-itu saja. Berbeda jika si pemilik blog rajin memposting, pengunjung pasti senang karena selalu saja ada artikel yang baru untuk dibaca. Tapi masalahnya adalah "Lalu saya harus memposting apa?.

Sebenarnya ide itu pasti selalu ada hanya belum nampak oleh kita. Agar ide itu muncul maka sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan, diantaranya:

  1. Berkunjung ke website/blog lain dan membaca artikel-artikelnya. Karena dengan kunjungan dan membaca artikelnya kita bisa mendapat inspirasi untuk membuat postingan.
  2. Rajin membaca buku. Membaca buku juga bisa memberi inspirasi untuk membuat sebuah artikel, ini sama seperti kita membaca artikel dari sebuah web/blog.
  3. Mencari referensi lain selain web/blog atau buku seperti acara di TV, tayangan video dan macamnya. Tujuan utama mencari referensi adalah kita memperoleh inspirasi untuk membuat sebuah artikel.
  4. Jika sudah mendapatkan ide, langsung ketik ide tersebut. Jangan menunda ide itu untuk diketik, sebab jika menunda yang muncul justru kemalasan membuat artikel. Seandainya artikel yang dibuat terasa kurang lengkap, simpan saja terlebih dahulu (jangan diposting). Untuk melengkapinya dapat dilakukan lain waktu, yaitu ketika kita mendapatkan sesuatu atau informasi untuk melengkapinya.

Sebenarnya semua orang memiliki pengetahuan yang sangat banyak dan itu sebenarnya potensi untuk membuat sebuah artikel. Hanya potensi-potensi itu terhambat oleh hal berikut:
  1. Kemalasan, ini adalah faktor utama yang menghambat seseorang membuat artikel.
  2. Menganggap sepele pengetahuan yang kita miliki, kita sering berpikiran "ini semua orang pasti bisa", "ini semua orang pasti tahu", karena itu hanya pikiran kita saja yang belum tentu kebenarannya. Pikiran seperti ini mesti dihilangkan karena akan menghambat seseorang membuat artikel.
  3. Menganggap artikel yang dibuat sudah banyak. Ini juga pikiran yang mesti dihilangkan sebab akan menghambat untuk membuat artikel.
Kesimpulannya adalah ketika anda mendapatkan ide untuk sebuah artikel maka langsung saja menuliskannya, tanpa ragu-ragu.

loading...
Ditulis oleh: Admin Hallo Blog Updated at : 18:53:00