9 cara mengembangkan pikiran kreatif


Berpikir Kreatif

Berpikir kreatif berarti menemukan cara-cara baru yang lebih baik untuk mengerjakan apa saja. Lalu apa yang dapat kita lakukan untuk mengembangkan dan menguatkan kemampuan dalam berpikir kreatif?. Berikut adalah ulasannya:

1. Percaya bahwa sesuatu dapat dilakukan

Untuk melakukan apapun, kita harus percaya bahwa hal itu dapat dilakukan. Percaya sesuatu dapat dilakukan membuat pikiran bergerak untuk mencari cara untuk melaksanakannya. Percaya sesuatu dapat dilakukan melicinkan jalan untuk solusi yang kreatif. Percaya sesuatu tidak dapat dilakukan adalah cara berpikir yang merusak. Hal ini berlaku untuk semua situasi, besar dan kecil. Para pemimpin politik yang tidak percaya bahwa perdamaian dunia dapat dicapai akan gagal mencapainya karena pikiran mereka tertutup untuk cara-cara kreatif untuk menghasilkan perdamaian. Ahli ekonomi yang percaya depresi bisnis tidak dapat dihindari, tidak akan mengembangkan cara-cara kreatif untuk mematahkan siklus bisnis tersebut.

Kita dapat menemukan cara untuk menyukai seseorang jika kita percaya bahwa saya dapat melakukannya. Kepercayaan melepaskan kekuatan kreatif dan ketidakpercayaan adalah rem bagi berpikir kreatif. Percayalah, dan andapun akan mulai berpikir secara konstruktif.

2. Hapus kata tidak mungkin dari pikiran

Tidak mungkin adalah kata kegagalan. Pikiran "ini tidak mungkin" adalah penghalang bagi pikiran lain untuk membuktikan bahwa anda benar.

3. Mau menerima gagasan baru

Bersikaplah menerima semua gagasan baru. Hilangkan pikiran penghalang seperti "Ini tidak akan berhasil", "Ini tidak dapat dikerjakan", "Ini tidak ada gunanya", dan "Ini tindakan bodoh".

4. Suka bereksperimen

Suka bereksperimen berarti mau mengubah rutinitas yang biasa dilakukan seperti pergi ke toko buku yang baru, mencari teman baru, mengambil rute yang berbeda ke tempat kerja pada hari tertentu, ambil jenis liburan yang berbeda dari tahun lalu, dan melakukan sesuatu yang baru dan berbeda dari biasanya.

5. Jadilah progresif, bukan regresif

Bukan "Itulah cara kami biasa mengerjakannya maka kami harus mengerjakannya dengan cara itu", Tetapi seharusnya "Bagaimana kami dapat mengerjakannya dengan cara yang lebih baik". Regresif berarti cara berpikir mundur sedangkan progesif cara berpikir maju. Orang yang sukses selalu bertanya "Bagaimana saya dapat meningkatkan kualitas prestasi saya? Bagaimana saya dapat bekerja lebih baik?.

6. Bertanya pada diri sendiri setiap hari "Bagaimana saya dapat bekerja dengan lebih baik?"

Tidak ada batas untuk perbaikan diri. Ketika kita bertanya pada diri sendiri bagaimana saya dapat bekerja dengan lebih baik maka jawaban yang tepat akan selalu muncul. Cobalah dan lihat hasilnya.

7. Bertanya pada diri sendiri "Bagaimana saya dapat bekerja lebih banyak?"

Kapasitas adalah keadaan pikiran. Mengajukan pertanyaan ini kepada diri sendiri membuat pikiran anda bekerja mencari jalan pintas yang cerdik. Kerjakan apa yang anda kerjakan dengan lebih baik, dan kerjakan lebih banyak apa yang anda kerjakan (tingkatkan kuantitas keluaran anda).

8. Praktekkan bertanya dan mendengarkan

Bertanya dan dengarkan maka anda akan memperoleh bahan mentah untuk mencapai keputusan yang tepat. Orang besar memonopoli kegiatan mendengarkan sedangkan orang kecil memonopoli kegiatan berbicara.

9. Bentangkan pikiran seluas-luasnya

Dapatkan stimulasi, bergaul dengan orang yang dapat membantu memikirkan gagasan baru, cara baru mengerjakan sesuatu. Berbaurlah dengan orang dari minat pekerjaan dan sosial yang berbeda
Ditulis oleh: Admin Hallo Blog Updated at : 17:33:00