6 cara meningkatkan pikiran positif

Berpikir positif


Pikiran adalah instrumen yang halus dan peka diantara semua ciptaan. Jika pikiran kita bekerja satu arah, ia dapat membawa kita menuju keberhasilan. Jika pikiran bekerja bercabang akan membawa hal yang sebaliknya. Pikiran dibentuk sesuai dengan apa yang dimakan pikiran. Makanan pikiran tentu bukanlah makanan seperti makanan yang biasa kita makan. Makanan pikiran adalah lingkungan. Jenis makanan pikiran yang disantap menentukan kebiasaan, sikap dan kepribadian kita. Setiap oang mewarisi kapasitas tertentu untuk berkembang. Akan tetapi berapa banyak dari kapasitas tersebut sudah kita kembangkan dan cara kita mengembangkannya, tergantung pada jenis makanan yang dimakan oleh pikiran itu.

Secara umum, pikiran seseorang terbagi dua yaitu pikiran positif dan pikiran negatif. Pikiran positif adalah pikiran tentang sesuatu secara baik sedangkan pikiran negatif adalah pikiran tentang sesuatu dengan buruk. Pikiran positif akan menjadikan seseorang nyaman dalam hidupnya dan sumber keberhasilan. Pikiran negatif akan menjadikan seseorang sengsara dalam hidupnya, sumber kegagalan, kegelisahan, dan menghilangkan rasa percaya diri.

Lalu bagaimana cara mengembangkan pikiran positif?. Jawabannya adalah kita harus mengetahui tips-tips agar selalu berpikir positif. Berikut adalah tips berpikir positif:

1. Tidak mencela diri

Fokuslah pada potensi dan kelebihan anda, sebab anda lebih baik dari yang anda duga. Hilangkan rasa inferior, tetapi merasalah superior.

2. Gunakan kata-kata yang positif, cerah, ceria ketika berbicara

Gunakan kata-kata yang menjanjikan kemenangan, harapan, kebahagian dan kesenangan. Hindari kata-kata yang menimbulkan gambaran tidak menyenangkan seperti kegagalan, kekalahan atau kesedihan, sebab kata-kata itu akan menimbulkan pikiran-pikiran negatif.

3. Sugesti positif

Sering-seringlah mengucapkan dalam hati kata yang positif seperti "saya selalu sehat dan bugar", saya memiliki banyak teman dan saudara", "saya percaya diri", dan lainnya.

4. Tidak mengeluh

Jangan mengeluh tetapi bersyukur. Rasa bersyukur akan memuncukan pikiran yang positif sedangkan mengeluh hanya akan memunculkan pikiran negatif yang membuat pikiran jadi stress.

5. Berbuat baik

Berbuat baik pada seseorang akan berdampak besar bagi anda. Berbuat baik pada orang lain akan membuat kita merasa bahagia dan puas, hal ini akan memunculkan pikiran yang positif.

6. Melihat sesuatu yang lucu

Melihat sesuatu yang lucu seperti menonton acara yang bertemakan lucu/humor, menonton video lucu atau lainnya akan membuat pikiran kita menjadi segar. Selain itu menonton sesuatu yang lucu akan menghilangkan pikiran-pikiran negatif dan menghilangkan stress.
Ditulis oleh: Admin Hallo Blog Updated at : 12:54:00