loading...

4 Cara mengatasi bagian tidak tercetak print excel

Mengatasi masalah Nge-Print microsoft Excel

Kegiatan meng-print dokumen adalah hal penting sebagai akhir dari proses pembuatan dokumen. Tujuan pengeprintan tentu penting dan tergantung dari tujuan pembuatan dokumen itu. Kalau dokumen itu berupa naskah skripsi, maka tujuan pengeprintan tentu saja membuat skripsi (masa buat ngebungkus gorengan).

Pada saat kita akan melakukan print dokumen dari microsoft excel, terkadang muncul satu masalah yang sering dialami yaitu ada bagian dari dokumen yang tidak tercetak. Hal ini sebenarnya sudah terlihat jika kita melakukan print preview. Penyebab dari adanya bagian dokumen yang tidak tercetakpun beragam, mulai dari tulisan yang melebihi batas ukuran kertas, pengaturan margin yang kurang tepat dan lainnya. Pada postingan ini akan dibahas bagaimana cara mengatasi masalah tersebut. Berikut adalah cara mengatasinya:

Atur ulang margin.

Untuk mengatur margin pada microsoft excel buka page layout - margin - pilih margin yang sesuai atau pilih Custom margins (Pilih jenis ukuran margin yang lebih kecil dari sebelumnya). Custom margins berfungsi mengatur margin secara manual.

Cara mengatur margin microsoft excel

Coba print preview dan atur kembali hingga semua bagian dokumen tercetak semua.

Memperkecil scale dokumen.

Cara lain untuk mengatasi masalah bagian dokumen tidak tercetak pada microsoft excel adalah memperkecil skala dokumennya. Caranya adalah page layout - scale - perkecil scale seperti gambar:


Anda dapat memperkecil dokumen excel sekecil mungkin tapi jangan terlalu kecil karena seandainya terlalu kecil maka tulisan yang tercetak akan kecil. Maksimal scale yang diatur hingga 75 %. Cara yang satu ini bisa dikatakan cara yang paling ampuh mengatasi bagian tidak tercetak pada excel.

Orientasi ke Landscape

Mengubah orientasi potrait ke Landscape merupakan salah satu alternatif mengatasi bagian tidak tercetak pada excel. Cara mengaturnya sangat mudah yaitu pilih Page Layout - Orientasi - Landscape.

Orientasi ke Landscape

Buat dokumen menjadi 2 atau lebih halaman.

Cara terakhir yang bisa dilakukan mengatasi bagian tidak tercetak adalah menjadikan dokumen itu 2 atau lebih halaman. Cara ini dilakukan seandainya ketiga cara diatas belum bisa mengatasi masalah ini.

Itulah empat cara mengatasi bagian tidak tercetak print excel. Semoga bermanfaat.
loading...
Ditulis oleh: Admin Hallo Blog Updated at : 11:14:00