13 Antivirus/security terbaik untuk dekstop

Antivirus dan Security

Antivirus adalah sebuah perangkat lunak yang berfungsi sebagai keamanan komputer dari serangan virus atau malware. Melihat definisi ini, keberadaan antivirus sangat penting pada sebuah dekstop. Sebab jika tidak maka sangat rentan terhadap serangan virus. Virus akan mengganggu performa komputer, bahkan jika virus itu sangat banyak dapat menyebabkan komputer mati dan sulit untuk dijalankan lagi.

Saat ini, telah banyak jenis antivirus yang beredar di internet, dimulai dari yang gratisan hingga yang bayar. Lalu antivirus apa saja yang kini ada di pasaran?. Berikut ulasannya:

1. Antivirus AVG 

AVG adalah antivirus yang dibuat oleh AVG Tecnologies, yang sebelumnya bernama Grisoft. Keunikan antivirus AVG adalah linkscanner yang men-scan tautan pranala saat menjelajah dunia maya. Link scanner bekerja sangat baik pada browser Firefox dan internet explorer. Kekurangan dari AVG adalah sebagian besar hanya akan menkarantina virus yang terdeteksi, tidak seperti antivirus lain yang dapat menghapus virus. AVG dikenal sebagai antivirus yang kuat dalam pendeteksian namun lamban dalam pemindaian. Meskipun demikian, secara keseluruhan AVG merupakan salah satu antivirus terbaik dalam pemberantasan virus di komputer.

2. Antivirus Kaspersky

Kaspersky adalah antivirus yang dikembangkan oleh Kaspersky Lab. Perangkat ini dirancang untuk melindungi pengguna dari malware dan komputer dengan OS windows dan Max OS X. Kaspersky Lab adalah sebuah perusahaan yang khusus membuat perangkat lunak antivirus. Perusahaan ini dibentuk oleh Natalie Kasperskaya dan bekerja sama dengan Eugene Kaspersky pada tahun 1997, dan menawarkan produk antivirus, anti malware, anti spam dan keamanan lainnya. Perusahaan ini berkantor di Moskwa, Rusia dengan kantor cabang diberbagai negar a eropa, jepang, Korea, China dan Amerika Serikat.

3. Antivirus Avira

Avira adalah perusahaan perangkat lunak antivirus buatan Jerman. Avira adalah salah satu  solusi antivirus yang handal, terus menerus dan handal dalam memindai komputer dari serangan virus, malware, spam dan perangkat jahat lainnya. Memonitor setiap tindakan yang dilakukan oleh pengguna atau sistem operasi dan bereaksi segera ketika program berbahaya terdeteksi. Avira adalah antivirus yang tidak kalah handal dari AVG, Avast dan antivirus lainnya.

4. Antivirus Avast

Avast adalah sebuah program antivirus yang dikembangkan oleh Alwil Software yang berdomisili di Praha, Ceko. Program ini pertama kali dirilis pada April 1988. Avast terus-menerus memperbaharui database mereka dengan definisi virus yang akan melindungi komputer pengguna terhadap spyware baru, virus, dan website dengan potensi berbahaya.

5. Smadav

Smadav adalah perangkat lunak antivirus yang bertujuan mengatasi varian virus komputer lokal dan internasional yang menyebar di Indonesia. Antivirus ini memiliki versi gratis dan bayar setelah sebelumnya berupa perangkat lunak derma. Nama Smadav diambil dari nama sekolah pembuatnya yaitu SMA Negeri 2 Palangkaraya, Kalimantan tengah, dengan AV singkatan dari Anti virus. Pembuatnya adalah Zainuddin Nafarin pada tahun 2006 yang saat itu berstatus siswa kelas XI SMAN 2 Palangkaraya. Dalam perkembangannya, Smadav dikembangkan bersama-sama dengan para sukarelawan secara daring.

6. 360 Total security

360 Total security adalah salah satu antivirus terpopuler di tahun 2016, Software ini berhasil menjaga jutaan pengguna komputer yang sering terkoneksi dengan internet. Internet merupakan salah satu celah masuknya virus, malware, dan program jahat lainnya, Namun 360 Total Security mampu mencegah berbagai serangan itu.

7. Junkware Removal Tool

Junkware Removal Tool atau yang biasa di singkat JRT adalah utilities keamanan freeware untuk microsoft windows yang dirancang untuk menghapus dan mencari adware, toobar mengganggu dan program yang tidak diinginkan pada PC penguna. Ketika dijalankan, JRT akan menghapus semua jejak dari program ini termasuk layanan, proses, file, folder dan lainnya.

8. AdwCleaner

AdwCleaner adalah perangkat lunak khusus untuk windows yang berfungsi sebagai pencari dan penghapus adware, toolbars, dan program yang tidak diinginkan. Keunggulan dari AdwCleaner adalah mampu mencegah aplikasi jahat yang terinstal otomatis, menghilangkan berbagai Adware, mengatasi browser yang dibajak Adware, menghilangkan search engine seperti MystartSearch, iStartSurf, Our Surfing dan lainnya.

9. Malwarebytes Anti-Exploit

Perangkat lunak ini berfungsi sebagai perlindungan dan keamanan pada komputer dari kode-kode yang diselipkan pada program yang akan diinstal atau telah di instal. Aplikasi ini tidak seperti antivirus biasa karena aplikasi ini hanya khusus mendeteksi kode-kode pada sebuah program. Namun begitu aplikasi ini cocok digunakan dengan berbagai antivirus.

10. Emsisoft Anti-Malware

Perangkat ini adalah anti malware yang mampu menjaga kestabilan komputer dengan tidak mengganggu kinerja komputer itu sendiri. Aplikasi ini memiliki versi trial selama 30 hari untuk menguji keampuhan Emsisoft Anti-Malware. Para pengguna dapat melakukan verifikasi licensi kapanpun jika merasa cocok dengan software ini.

11. SuperAntiSpyware

SuperAntispyware mampu mendeteksi dan menghapus spyware, adware, malware, trojan, worm, pembajak, dan jenis keamanan lainnya. Perangkat ini dapat mencegah instalasi otomatis program-program berbahaya ketika pengguna sedang terkoneksi dengan internet. Scan cepat, harian, mingguan yang memastikan komputer aman dari program yang tidak diinginkan.

12. Spyware Terminator

Spyware Terminator akan memindai komputer untuk mengenal ancaman dan penemuan yang mudah dibaca dan dimengerti. Setiap entri akan diberi rating dan klasifikasi yang membuatnya mudah untuk melakukan keputusan apakah program dihapus atau tidak. Spyware terminator memiliki fitur:scanning dengan cepat, Perlindingan HIPS, antivirus, multibahasa, update otomatis dan scan terjadwal.

13. Spyware Blaster

Spyware Blaster adalah perangkat perlindungan yang kuat untuk spyware, adware, browser hijackers, dialer, dan perangkat lunak yang tidak diinginkan lainnya. Spyware Blaster mampu memblok spyware Cookie pada internet explorer dan mozilla Firefox serta membatasi situs yang tidak diinginkan.

Ditulis oleh: Admin Hallo Blog Updated at : 10:25:00