loading...

Cara mengirim email

Email boleh dikatakan sebagai salah satu fitur yang berguna untuk mengirim tulisan, gambar, video, musik dan dokumen lainnya. Memiliki email tentu sangat banyak manfaatnya, bahkan untuk mengirim surat lamaran pekerjaan pun bisa dikirim via email. Selain itu, bagi mereka yang menggeluti dunia bisnis online, pasti email sangat diperlukan. Lalu bagaimana cara menggunakan email. Saya akan mencoba berbagi sedikit ilmu tentang bagaimana cara mengirim email pada gmail dan yahoo mail.

Cara mengirim Email pada gmail.

  • Lalu masuk dengan menggunakan nama email dan pasword, jika sobat belum memiliki akun, pilih buat akun lalu isi semua data yang harus diisi.
  • Untuk memulai mengirim email pilih Tulis - Isi Kepada - Isi subjek - tulis pesan.

Cara mengirim email

Kepada menunjukkan alamat email yang akan dituju, misalkan angintopan@gmail.com atau anginribut@yahoo.com. Yang jelas mengirim email bisa ke sesama gmail atau lainnya contohnya ke yahoo.

Subjek menunjukkan judul pesan, Ini diisi bebas terserah sobat, bahkan tidak diisipun tidak apa-apa.
Jika dalam pengiriman pesan sobat ingin melampirkan sebuah file (Word, excel, gambar, dll) sobat pilih ikon Lampirkan file:

Cara melampirkan file pada email

Kemudian cari file yang akan dilampirkan - Open.
Jika yang ingin dilampirkan berupa foto, pilih lampirkan foto:

Menyisipkan foto pada email

Lalu cari foto yang ingin dilampirkan - Open.

Jika penulisan email telah selesai, sobat klik Kirim, tunggu sejenak hingga muncul keterangan bahwa email telah terkirim.

Sobat bisa melihat data-data email yang pernah dikirim di Pesan terkirim.

Cara mengirim email pada yahoo mail

Sekarang saya akan berbagi ilmu cara mengirim email di yahoo. Sebenarnya jika sobat sudah paham cara mengirim email pada gmail, maka bisa dipastikan sobat tak akan kesulitan untuk mengirim email pada yahoo. Karena pada dasarnya proses pengiriman identik. Berikut adalah langkah-langkahnya: 

Masuk ke yahoo

  • Tulis email address - password - Sign In. Jika sobat belum memiliki akun Yahoo, pilih Sign Up a new account - isi semua data termasuk no HP - menerima kode verifikasi lewat sms - masukkan kode verifikasi kemudian login.
  • Setelah masuk ke yahoo pilih mail (dipojok kanan atas).
  • Untuk memulai menulis pesan email, pilih Compose - isi To dan Subject - tulis isi pesan.

Cara menulis pesan di email yahoo

To menunjukkan alamat email yang akan dituju.
Subject menunjukkan judul pesan.
  • Jika sobat ingin melampirkan file kedalam email yang akan dikirim, pilih attach from my computer seperti gambar diatas. Cari file yang akan diunggah lalu Open.
  • Jika penulisan email dianggap beres, sobat pilih Send. Tunggu sejenak hingga muncul keterangan bahwa email telah dikirim.
Itulah cara mengirim email via gmail ataupun yahoo. Jika sobat masih kebingungan, silakan dicoba. Gimana mau bisa kalau tidak mau mencoba.

loading...
Ditulis oleh: Admin Hallo Blog Updated at : 16:15:00