loading...

Cara menambah atau mengganti domain di blogger

Domain pada blog

Mempunyai blog sebenarnya sangat mengasikkan, terutama bagi orang yang suka menjelajah dunia internet atau suka menulis artikel. Dengan memiliki blog maka semua kesukaan itu bisa disalurkan. Apalagi blog bisa menghasilkan uang. Jadi bisa dijadikan alternatif untuk mendapatkan uang sehingga pas buat para sobat yang tidak memiliki pekerjaan dan tidak memiliki modal (alias pengangguran seperti saya).

Artikel ini lanjutan dari postingan sebelumnya tentang blog yaitu Panduan lengkap ngeblog diblogger terbaru yang berisi tentang bagaimana membuat blog dan lainnya yang berkaitan dengan blogger. Pada kali ini saya mencoba berbagi sedikit ilmu tentang menambah domain pada blog. Lalu apa itu domain? lalu kenapa harus diganti?. Menurut saya domain itu nama lain dari alamat url alias alamat blog misalkan http://ceritalucu-pilihan.blogspot.com, jika sobat perhatikan nama ini memiliki subdomain yaitu blogspot dan nama ini selalu sama untuk semua blog yang berasal dari blogger. Nah, untuk menghilangkan blogspot ini berarti kita mesti menambahkan domain baru. Jadi menurut saya menambah domain itu hanya sekedar menghilangkan kata blogspotnya biar tidak kelihatan blognya tapi terlihat seperti sebuah website profesional. Sehingga menambah domain ini bukanlah sebuah keharusan, tetapi akan lebih baik ditambah.

Lalu bagaimana cara menambahnya?

Cara mendaftar diRumahweb

Pertama-tama tentu sobat harus memiliki nama domain yang akan ditambahkan pada blog. Cara memiliki domain ini tentu sobat harus membelinya. Untuk membeli domain ini saya sarankan sobat membelinya dari https://www.rumahweb.com/. Lalu kenapa mesti dari Rumahweb?. Kalau saya yang menjawab maka jawabannya adalah dari pengalaman saya menggunakan domain dari Rumahweb itu hasilnya sangat memuaskan. Selama ini domain yang saya gunakan dari Rumahweb belum pernah mengalami masalah dan domain dari Rumahweb bisa langsung diakses begitu domain blog berhasil diganti.
Untuk membeli domain dari Rumahweb maka caranya sebagai berikut:
  • Jika sobat telah memiliki akun Rumahweb, maka sobat isi email dan paswordnya. Jika belum memiliki akun, silakan daftar dulu dengan cara memiliki Register.
Cara mendaftar diRumahweb
  • Lalu isi semua data pada register. Jika semua data telah terisi kemudian klik Register.
Cara mendaftar diRumahweb
  • Jika proses pendaftaran berhasil maka sobat langsung masuk kedalam akun Rumahweb.

Membeli domain di Rumahweb

Untuk membeli domain di Rumahweb, ikuti langkah-langkah seperti berikut:
  • Masuk terlebih dahulu ke Rumahweb lalu pilih Domainku - Daftar domain baru.
Membeli domain di Rumahweb
  • Silakan isi nama domain yang akan sobat beli beserta domainnya (com, net, id, web.id, dan lainnya). Jika telah di isi kemudian klik cek domain. Silakan sobat periksa kecocokkannya termasuk dalam hal harga, yah tentunya sesuaikan dengan uang saku sobat.
Memilih domain
  • Jika sudah yakin dengan pilihannya, sobat klik add Cart.
Setelah itu sobat pilih metode pembayaran yang bisa sobat lakukan. Setelah itu, sobat tinggal mengikuti proses pembayaran yang pihak Rumahweb akan mengirimkan email tata cara pembayaran. Jadi sobat bisa membuka emailnya. Saya sendiri melakukan pembayaran melalui Paypal karena kebetulan saya mempunyai sedikit saldo di akun Paypal dan mencukupi untuk membeli domain. Dan yang saya rasakan, menggunakan Paypal, pembayaran dilakukan dengan sangat mudah. Sobat hanya mengisi nama akun Paypal dan paswordnya pada tempat yang telah disediakan Rumahweb. Maka secara otomatis dana akan tertransfer sesuai dengan jumlah tagihan. Pembayaran melalui Paypal ini bisa sobat lakukan meskipun Paypal belum terverifikasi. Setelah dana tertransfer, jangan lupa melakukan proses konfirmasi yang tatacaranya telah dikirimkan pihak Rumahweb ke email sobat.
Proses verifikasi konfirmasi pembayaran umumnya membutuhkan waktu minimal 5 menit. Jadi sambil menunggu itu sobat bisa membuat secangkir kopi terlebih dahulu atau tidur sejenak, intinya jangan terburu-buru. Setelah menunggu sekian lama, selanjutnya sobat membuka kembali email. Jika adalah email masuk dari Rumahweb yang berisi tentang konfirmasi pembayaran diterima, itu berarti domain yang sobat beli dapat segera digunakan. Lalu bagaimana cara menggunakannya?.

Menambah domain pada blogger

  • Pertama-tama sobat masuk ke blogger lalu pilih setelan.
Menambah domain pada blogger 
  • Klik tambahkan url pihak ke-3 lalu isi sesuai dengan nama domain yang telah dibeli di Rumahweb (jangan lupa penulisan domain diawali dengan www.), kemudian simpan maka akan muncul peringatan seperti tulisan yang berwarna merah pada gambar diatas. Sobat tenang saja, sobat perhatikan ada kode-kode khusus seperti www, ghs.google.com dan kode dibawahnya yang saya coret. Kode-kode itu nantinya sobat masukkan kedalam manage domain di Rumahweb.
  • Sobat masuk ke akun Rumahweb (akun bloggernya jangan ditutup) lalu pilih: domainku - management Tools -  Manage DNS
Menambah domain pada blogger

  • Pilih Add Newrecord, kemudian isi:
Domain = www
TTL = 14400
Record type = CNAME
Hostname = ghs.google.com
  • Lalu klik Add Record.
  • Ulangi langkah diatas dengan mengganti nama Domain dan Hostname sesuai kode pada blog (gambar yang tulisannya saya coret itu). Lalu klik Add Record. Isi kembali:
Domain = biarkan kosong
TTL = 14400
Record type =A
Hostname =216.239.32.21
  • Lalu klik Add Record. Ulangi langkah diatas dengan hanya mengganti kode Hostname menjadi: 216.239.34.21 ; 216.239.36.21 ; 216.239.38.21 ;
  • Jika selesai, sobat kembali ke blogger lalu klik Simpan, jika masih gagal, coba tunggu sekitar 1 menit lalu kemudian klik kembali Simpan. Jika pengisian benar maka hasilnya berhasil. Jika berhasil sobat bisa langsung mencobanya dengan cara mengklik lihat blog dan perhatikan nama url blog sobat sesuai dengan nama domain yang telah ditambahkan.

Langkah selanjutnya setelah mengganti domain

Pertanyaan yang mungkin muncul dari benak sobat ketika telah mengganti domain blog adalah apa langkah selanjutnya. Langkah selanjutnya adalah sobat mensitemap ulang url blog sobat dengan domain yang baru ke webmaster google atau Bing agar cepat terindeks. Menambah domain blog sebagian persis seperti kita membuat blog yang baru. Bedanya adalah blog yang benar-benar baru maka postingan-postingannya baru semua, sedangkan menambah domain kita sudah memiliki postingan yang telah terindeks dimesin pencarian dengan menggunakan url yang lama. Namun ketika pengunjung mengklik url tersebut maka secara otomatis dialihkan ke domain yang baru. Jadi dengan mengganti domain sobat tak perlu khawatir kehilangan pengunjung kecuali blog sobat masih baru juga. Cara mensitemap url blog bisa dilihat dipostingan tentang Panduan lengkap ngeblog diblogger terbaru

Pertanyaan yang kedua adalah apakah sitemap blog terdahulu diwebmaster harus dihapus?. Jawabannya adalah ya, tapi menghapusnya nanti yaitu pada waktu domain baru telah terindeks oleh mesin pencarian dan posisi dimesin pencarian sudah dapat diandalkan.
loading...
Ditulis oleh: Admin Hallo Blog Updated at : 19:18:00