Cara memasang iklan CPM dan popunder di blogger

Jenis-jenis iklan untuk blog

Blog memang banyak sekali manfaatnya. Selain dapat mempostingkan tulisan, gambar atau videa, blog juga bisa menghasilkan uang, yang hasilnya lumayan. Tapi tentunya besar kecilnya pendapatan ini tergantung dari banyak sedikitnya pengunjung blog sobat. Makin banyak pengunjung maka penghasilan akan besar dan sebaliknya makin sedikit pengunjung maka penghasilan juga sedikit. Jadi blog sebenarnya bisa menjadi alternatif pekerjaan bagi sobat yang tidak memiliki pekerjaan alias pengangguran atau juga bisa sebagai penghasilan tambahan bagi sobat yang sudah memiliki pekerjaan.

Lalu bagaimana cara mendapatkan uang melalui blog?. Seperti kata pepatah "banyak jalan menuju Roma", demikian pula cara menghasilkan uang dari blog, banyak caranya, salah satunya adalah menempatkan iklan di tampilan blog sobat. Berikut jenis-jenis iklan yang bisa sobat tempatkan diblog:
  1. PPC (pay per clik) merupakan iklan yang penghasilannya diperoleh jika pengunjung mengklik iklan yang terpasang di blog. 
  2. PPA (pay per action) merupakan iklan penghasilannya diperoleh jika pengunjung melakukan aksi terhadap iklan yang dikliknya. Jadi perbedaan antara PPC dengan PPA adalah jika PPC bayarannya didapat jika iklan diklik sedangkan PPA bayarannya tidak cukup hanya diklik tetapi pengeklik harus melakukan aksi terhadap iklan yang dikliknya misalnya PPA-nya berupa FB maka pengunjung harus mendaftarkan diri ke-FB.
  3. CPM (cost per million) merupakan iklan yang penghasilannya diperoleh dari seribu tayangan iklan. Jadi dengan CPM, publisher akan mendapatkan uang sesuai dengan banyaknya tayangan iklan walaupun iklan itu tidak diklik oleh pengunjung.
  4. Popunder adalah iklan yang linknya menempel pada link yang terdapat pada blog. Jadi ketika pengunjung mengklik salah satu link pada blog maka pengunjung mengklik dua link sekaligus.
  5. Iklan pribadi adalah pemilik blog membuat ruang space dan memasang tarif sendiri. Jadi penghasilan iklan ini akan diperoleh jika ada orang yang mau memasang iklan. 

Memilih iklan yang tepat untuk blog

Lalu iklan mana yang harus sobat pilih?. Ya tentu saja jawabannya adalah iklan yang paling memungkinkan untuk menghasilkan uang. Namun jika saya sarankan, akan lebih baik sobat memilih iklan poin 3 - 5. Kenapa? jawabanya adalah karena:
  • PPC penghasilannya diperoleh jika iklan itu diklik. Namun sepengalaman saya, ternyata PPC itu tidak hanya diklik namun kliknya itu harus unik dan valid. Jadi tidak semua klik iklan akan dihitung, tapi hanya yang sesuai kriteria saja.
  • PPA jelas lebih kecil peluangnya untuk menghasilkan uang karena PPA tidak cukup diklik namun pengeklik mesti melakukan aksi tertentu.
Lalu kenapa mesti iklan poin 3 - 5. Jawabannya adalah karena:
  • CPM pembayarannya dihitung dari banyak tayangan iklan yang ditampilkan, bukan klik iklannya. Jadi disini yang terpenting adalah tayangan iklan di blog sobat muncul sebanyak-banyaknya. Hal ini akan terjadi jika blog sobat dikunjungi banyak pengunjung.
  • Popunder pembayarannya dihitung jika pengunjung mengklik salah satu link diblog sobat. Kemungkinan ini sangat besar karena sebagian pengunjung tentunya tidak akan melihat satu postingan saja. Memang harga 1 klik popunder ini kecil namun jika banyak yang mengklik maka hasilnya juga cukup besar.
  • Iklan pribadi merupakan iklan yang paling menjanjikan. Namun iklan ini dapat berjalan jika blog sobat dikunjungi ribuan orang tiap harinya.
Jadi untuk blog yang pengunjungnya sedang-sedang saja seperti blog saya ini, pengunjungnya kadang naik kadang turun, iklan yang cocok adalah iklan poin 3 dan 4. Lalu bagaimana cara memasangnya?. Jawabannya tentu sobat mesti mendaftar terlebih dahulu menjadi publisher iklan disalah satu website penyedia iklan. Disini saya mencoba berbagi ilmu tentang cara memasang iklan popunder dan CPM pada tiga website penyedia iklan yang dapat dipercaya.

Memasang iklan popunder dari ADFLY.

ADFLY bisa menyediakan iklan popunder untuk blog atau website. Kenapa mengambil iklan popunder dari ADFLY?. Jawabannya adalah:
  • Cara daftar di ADFLY sangat mudah dan ga ribet.
  • Tidak ada kriteria blog yang ditetapkan agar bisa memasang iklan. Artinya blog dengan pengunjung sedikit atau tidak ada sama sekalipun bisa memasang iklan popunder ini.
  • Memiliki data statistik yang bisa sobat lihat setiap harinya.
  • Cara memasang iklannya sangat mudah
Untuk jelasnya saya akan menjelaskan bagaimana tata cara memasang iklan popunder dari Adfly:
  • Sobat login dulu ke ADFLY atau mendaftar ke Daftar Adf.ly jika sobat belum terdaftar.
  • Pilih Join Now kemudian isi semua data seperti gambar dibawah:

Cara daftar ke Adfly

Jika proses registrasi berhasil, sobat login ke ADF.LY - Tools - Pop Ads.

Memasang iklan popunder dari ADFLY.

Copy kode yang diberikan lalu pastekan ke blog sobat dengan cara Masuk ke blogger - Tata Letak - HTML/Javascript - Simpan.
Lalu sobat bisa langsung mencobanya.

Dan yang terpenting adalah, Adf.ly terbukti membayar, saya sudah beberapa kali payout, ini buktinya:

Bukti pembayaran dari Adf.ly

Memasang iklan popunder dari popcash.net

Iklan popunder kedua yang sobat bisa terapkan di blog atau website adalah popcash. Popunder popcash mirip dengan popunder adf.ly. Berikut adalah alasan mengapa harus memasang iklan popunder dari popcash:
  • Cara daftar sangat mudah
  • Hampir semua jenis blog diterima
  • Statistik penghasilan dapat dilihat setiap hari
  • Terbukti membayar
Bagi sobat yang berminat, dibawah ini tata caranya:
  • Isi seluruh data yang ditampilkan, kira-kira biodatanya seperti gambar dibawah:

Biodata pendaftaran popcash
  • Jika semua data telah diisi, klik register. 
  • Buka email anda lalu klik link yang diberikan popcash untuk melakukan konfirmasi.
  • Login dengan menggunakan username dan password ketika mendaftar.
  • Setelah login, klik website - add new website - isi alamat website sobat - klik add website.
  • Tunggu sekitar satu hari untuk melihat apakah website sobat diterima atau tidak. Tapi umumnya semua website diterima, jadi sobat tenang saja.
  • Jika sudah diterima, silakan sobat copy kode iklan yang diberikan popcash. Kemudian masuk ke blogger - tata letak - HTML/Javascript - paste kode iklan di content - lalu simpan
  • Selesai.
Berikut adalah bukti pembayaran dari popcash:

Bukti pembayaran dari popcash
Yang di pending karena saya baru saja request payment. Biasanya pembayaran dilakukan sehari atau dua hari setelah request payment.

Agar pendapatan dari iklan popunder ini maksimal, gabungin saja iklan popunder adf.ly dengan popcash, kaya blog punya saya ini :).

Memasang iklan bawah judul postingan.

Cara menempatkan iklan seperti yang dijelaskan diatas adalah menempatkan iklan diluar isi artikel atau iklannya bisa terletak di header, sidebar atau bagian paling bawah dari blog. Namun sekarang bagaimana jika kita ingin menempatkan iklan dibawah judul postingan. Berikut adalah langkah-langkahnya:
  • Copy kode iklan
  • Masuk ke blog - Template - Edit template kemudian cari kode Data:post.body yang kedua (Pake control F biar mudah dalam pencarian).
  • Diatas Data:post.body pastekan:
<div>
Kode iklan yang telah diparse
</div>
  • Simpan template. 
Sobat bisa melihat hasilnya.
Jika sobat menginginkan iklan tampil dibawah postingan caranya hanya menempatkan kode:
<div>
Kode iklan yang telah diparse
</div>
Dibawah Data:post.body yang kedua itu. 

Agar iklan tampil diversi seluler

Penempatan iklan seperti diatas, maka iklan hanya terlihat untuk versi Desktop saja, sedangkan versi Seluler tidak akan terlihat. Karena ini CPM yang perhitungannya berdasarkan banyak tayang dan pengguna seluler sangat banyak bahkan hampir semua orang punya HP, maka penempatan iklan versi seluler sangat diperlukan. Lalu bagaimana caranya?.  Berikut tahapan agar iklan muncul diversi seluler:
  • Masuk ke Blog - Template - Edit template
  • Cari kode data:post.body yang terdekat dengan kode mobile-post (biar gampang mencarinya, gunakan control F lalu ketik mobile-post, lalu turun sedikit-sedikit untuk mencari data:post.body).
  • Letakkan kode:
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
Iklan yang diparse
</b:if>

Diatas atau dibawah data:post.body lalu Simpan Template. Jika kode tersebut diletakkan di atas data:post.body maka iklan muncul dibawah judul sedangkan jika kode ditempatkan dibawah data:post.body iklan muncul dibawah postingan. Namun anda juga bisa menempatkan dikeduanya.
Ditulis oleh: Admin Hallo Blog Updated at : 15:53:00