Kupu-kupu unik bersayap transparan

Kupu-kupu unik bersayap transparan

Kupu-kupu tergolong jenis serangga yang bersayap. Kupu-kupu umumnya memiliki warna yang cemerlang dan sangat menarik. Kupu-kupu bisa bertelur sekali atau banyak tiap tahunnya. Jumlah keturunan setahun berbeda-beda tergantung iklim. Kupu-kupu yang tinggal didaerah tropis mampu bertelur lebih dari sekali dalam setahun. Telur kupu-kupu biasanya dilekatkan pada daun dengan bahan perekat yang cepat mengeras. Bila mengeras, bahan itu berkontraksi dan membengkokkan telur. 

Ketika telur menetas maka akan lahir sebuah larva kupu-kupu yang dinamakan ulat. Ulat ini nantinya akan memakan daun tumbuhan. Ketika mencapai pertumbuhan maksimal, ulat akan berhenti makan dan akan mencari tempat berlindung terdekat. Ulat kemudian akan melepaskan semua kulit terakhirnya. Setelah proses ini maka ulat memasuki tahap kepompong atau pupa. Butuh sekitar 7 - 20 hari agar pupa berkamuplase menjadi kupu-kupu.

Banyak orang yang menyukai kupu-kupu. Hal ini dikarenakan warna-warna yang indah pada sayapnya. Salah satu kupu-kupu yang indah adalah kupu-kupu bersayap transparan yang dinamakan Glasswinged. 

Sayap kupu-kupu ini dibentuk oleh lapisan chitin yaitu sebuah protein yang membentuk eksoskeleton serangga. Lapisan ini sangat tipis sehingga terlihat sangat transparan. 

Ribuan sisik kecil menutupi chitin yang transparan ini dan sisik ini memantulkan cahaya dengan warna yang berbeda. Setelah kupu-kupu semakin dewasa, sisik-sisik ini jatuh dari sayapnya, meninggalkan bintik-bintik transparansi karena lapisan chitinnya terpapar.
Ditulis oleh: Admin Hallo Blog Updated at : 16:53:00