loading...

Cerita inspiratif: Semua masalah punya solusi

Semua masalah punya solusi

Dalam menjalani hidup ini, kita tidak mungkin terlepas dari masalah. Masalah itu pasti ada dimanapun kita berada, dirumah, dipasar, ditempat kerja dan lainnya. Jadi jangan berharap kita pergi kesuatu tempat agar kita tidak menemui masalah. Masalah yang kita hadapi bukan untuk mempersulit diri kita. Namun dengan masalah itu, supaya kita menjadi teguh dan kuat. Agar kita menjadi manusia yang sesungguhnya.

Masalah adalah suatu kata yang menggambarkan suatu keadaan yang bersumber dari dua faktor atau lebih yang menghasilkan situasi yang membingungkan. Masalah adalah sebuah keadaan yang harus diselesaikan. Jadi, ketika kita menemui masalah maka selesaikan sesuai kesanggupan, jangan sampai kita lari dari masalah. Karena, pada dasarnya setiap masalah ada solusinya. Berikut merupakan secuil cerita tentang bagaimana setiap masalah memiliki solusi:

Disebuah desa, terdapat seorang petani yang mengalami nasib sial karena mempunyai utang yang besar pada seorang rentenir. Si rentenir adalah seorang yang tua dan jelek yang kemudian naksir sama putri cantik si petani. Jadi ia mengusulkan bahwa dia akan melupakan hutang petani jika ia bisa menikahi putrinya.

Petani dan putrinya ngeri dengan usulan ini. Kemudian Si rentenir mengusulkan ide yang licik untuk memutuskan masalah ini. Si rentenir mengatakan kepada petani dan putrinya bahwa ia akan menaruh kerikil hitam dan kerikil putih ke dalam sebuah kantong kosong. Kemudian gadis itu harus mengambil salah satu kerikil dari dalam kantong.

Jika dia mengambil kerikil hitam, dia akan menjadi istri Si rentenir dan utang ayahnya akan diampuni. Jika dia memilih kerikil putih ia tidak perlu menikah dan utang ayahnya masih akan diampuni. Jika dia menolak untuk mengambil kerikil, ayahnya akan dimasukkan ke dalam penjara.

Akhirnya, mereka berkumpul di lapangan dengan kerikil yang berserakan dijalan. Si rentenir membungkuk untuk mengambil dua kerikil. Si gadis yang bermata tajam melihat bahwa ia mengambil dua kerikil hitam dan menempatkannya ke dalam kantong. 

Si rentenir kemudian meminta gadis itu untuk mengambil kerikil dari dalam kantong.

Sekarang, bayangkan bahwa Anda yang menjadi gadis. Apa yang akan Anda lakukan? Jika Anda harus memberitahu dia, apa yang akan Anda katakan padanya?

Luangkan waktu sejenak untuk merenungkan ini. Apa yang akan Anda rekomendasikan untuk si gadis?

Gadis itu menaruh tangannya ke dalam kantong dan mengambil kerikil. Ia meraba-raba lalu membalikkan kantong hingga kerikil jatuh ke jalan.

"Oh, bagaimana aku!" Katanya. "Tapi sudahlah, jika Anda melihat ke dalam kantong, Anda akan mengetahui mana kerikil yang aku pilih."

Rentenir tidak berani mengakui ketidakjujurannya. Gadis itu telah mengubah situasi sulit menjadi situasi yang sangat menguntungkan.

Sebagian besar masalah memiliki solusi, kadang-kadang kita hanya perlu berpikir dengan cara yang berbeda.
loading...
Ditulis oleh: Admin Hallo Blog Updated at : 02:20:00